Selasa 30 May 2023 11:47 WIB

BPS: Gaji Petugas Lapangan Sensus Pertanian Rp 4 Juta per Bulan

Petugas sensus pertanian dikontrak satu sampai dua bulan.

Petugas dari Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan wawancara pada warga dalam pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan atau disebut juga SP2020 Long Form di Pakis, Malang, Jawa Timur, Senin (13/6/2022). BPS akan menggelar Sensus Pertanian 2023.
Foto:

Data nasional

Sekretaris Utama Badan Pusat Statistik (BPS) Atqo Mardiyanto mengatakan Sensus Pertanian 2023 dirancang untuk menjawab kebutuhan data nasional dan internasional, yang mengacu pada program Organisasi Pangan dan Pertanian (Food and Agriculture Organisation/FAO). Hal itu sekaligus menjadi salah satu kebaruan yang dimiliki oleh Sensus Pertanian 2023 dibandingkan sensus pertanian yang dilaksanakan sebelumnya.

"Untuk menghasilkan data yang berkualitas dan bermanfaat, BPS telah melakukan sejumlah langkah pembaharuan untuk Sensus Pertanian 2023," kata Atqo dalam Apel Siaga Sensus Pertanian 2023 di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Selasa (30/5/2023).

di Indonesia sejak sensus pertanian pertama dilaksanakan pada 1973. Sensus Pertanian 2023 juga tidak hanya dilakukan dengan metode konvensional dimana petugas yang mengunjungi responden secara door to door melakukan pengumpulan data hanya dengan kertas dan pensil, tapi juga dengan menggunakan gadget.

"Metode lain yang digunakan adalah Kewi dimana usaha pertanian dapat melakukan pengisian (data) secara mandiri," katanya.

Sensus Pertanian 2023 diharapkan dapat menghasilkan data terkait topik strategis pertanian nasional, seperti urban farming, petani milenial, modernisasi pertanian, dan pendapatan pertanian sebagai proxy kesejahteraan petani.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement