Selasa 30 May 2023 01:22 WIB

Produsen Otomotif di Australia Dituding Melakukan Kampanye Anti Mobil Listrik 

Produsen otomotif menginginkan mobil bensin lebih lama di pasaran.

Mobil listrik MG4 diluncurkan di ICC Sydney Theatre, di Sydney, Australia, 10 Maret 2023.
Foto: EPA-EFE/BIANCA DE MARCHI
Mobil listrik MG4 diluncurkan di ICC Sydney Theatre, di Sydney, Australia, 10 Maret 2023.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-Industri otomotif Australia telah melobi pemerintah secara tertutup untuk menetapkan batas polusi kendaraan yang lemah, meskipun secara terbuka mengadvokasi target yang ambisius, klaim kelompok iklim.

Kamar Federal Industri Otomotif (FCAI), yang mewakili pembuat mobil papan atas termasuk Toyota dan Hyundai, juga dituduh merusak dampak mobil listrik (EV) bagi pembuat kebijakan dan mempromosikan teknologi alternatif untuk menjaga mobil bensin di jalan lebih lama.

Baca Juga

Lembaga pemikir internasional InfluenceMap membuat klaim dalam laporan setebal 19 halaman yang katanya didasarkan pada 500 halaman dokumen yang diperoleh melalui permintaan kebebasan informasi, termasuk catatan pengarahan rahasia, penelitian, dan email.

Tetapi grup otomotif itu membalas, dengan kepala eksekutif Tony Weber mengatakan laporan itu "tampaknya membuat dokumen" dan industri menginginkan batas polusi kendaraan yang "ambisius namun dapat dicapai".

Laporan InfluenceMap mengklaim FCAI telah mengatur kampanye yang rumit melawan batas polusi kendaraan yang ambisius di Australia dengan mempromosikan target yang lemah, meremehkan manfaat kendaraan listrik, mengadvokasi kendaraan hybrid, dan melobi pembuat kebijakan untuk mencari celah.

Di antara banyak dokumen, ia mengutip catatan dari pertemuan antara FCAI dan Departemen Infrastruktur pada Juli 2022 yang melaporkan bahwa kelompok tersebut "bertujuan untuk meyakinkan (Menteri Energi Chris) Bowen bahwa mengesahkan standar sukarela FCAI akan secara efektif mengurangi emisi".

Email internal pemerintah dari bulan yang sama mencatat FCAI mengklaim kendaraan listrik tidak akan dapat menggantikan kendaraan bensin pada tahun 2035 karena pembuat chip global tidak akan dapat meningkatkan waktu atau memenuhi permintaan untuk mineral baterai.

FCAI juga menugaskan penelitian yang dipresentasikannya kepada pejabat pemerintah pada April 2022, kata laporan itu, yang memperkirakan kendaraan listrik akan menghasilkan tiga persen dari penjualan mobil pada 2023.

Tapi faktanya bulan lalu kendaraan listrik mewakili delapan persen dari penjualan kendaraan baru.

Manajer program InfluenceMap Ben Youriev mengatakan dokumen tersebut menunjukkan badan otomotif Australia secara aktif berusaha mengurangi upaya untuk mengurangi polusi karbon.

"Dokumen-dokumen ini menunjukkan FCAI dan beberapa anggota utamanya mengadvokasi untuk mengunci peran jangka panjang untuk kendaraan bertenaga pembakaran dengan memperkenalkan aturan efisiensi bahan bakar yang jauh lebih lemah daripada di wilayah lain seperti AS, UE, dan Selandia Baru," dia berkata.

"Upaya advokasi semacam itu berisiko membuat Australia menjadi tempat pembuangan polusi mobil dan merupakan hambatan utama bagi Australia untuk memenuhi target iklim nasionalnya."

Pemotongan polusi kendaraan sukarela yang ditetapkan oleh FCAI menargetkan pengurangan 35 persen untuk mobil penumpang pada tahun 2030 menjadi kurang dari 100 gram per kilometer. Tapi aturan Eropa sudah mensyaratkan pengurangan polusi yang lebih ketat pada 95 gram hari ini.

Weber mengatakan FCAI memperkenalkan standar sukarela pada tahun 2020 "tanpa adanya standar yang diamanatkan federal" dan kelompok itu bekerja dengan pemerintah federal untuk "menetapkan target pengurangan emisi yang ambisius namun dapat dicapai".

Weber tidak secara langsung menangani klaim yang diajukan dalam laporan tersebut tetapi mempertanyakan apakah laporan tersebut telah dikaitkan dengan benar dengan pernyataan FCAI. "Kami khawatir InfluenceMap yang berbasis di London tampaknya membuat dokumen dan merepresentasikannya sebagai komentar FCAI," katanya. "Ini tidak pantas dan menyesatkan."

Laporan tersebut datang hanya dua hari sebelum batas waktu penyerahan standar efisiensi bahan bakar pemerintah federal, yang berkomitmen untuk diperkenalkan sebagai bagian dari Strategi Kendaraan Listrik Nasional.

Undang-undang akan menetapkan batas polusi untuk kendaraan baru untuk memberi insentif kepada pembuat mobil untuk mengimpor kendaraan rendah dan nol emisi ke negara tersebut.

sumber : Perthnow.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement