Sabtu 27 May 2023 22:46 WIB

Raih Pendanaan, Evermos Perluas Jaringan ke Jawa dan Sumatera

Evermos, berhasil mengumpulkan dana sebesar US$ 39 juta

Evermos, berhasil mengumpulkan dana sebesar US$ 39 juta
Foto: istimewa
Evermos, berhasil mengumpulkan dana sebesar US$ 39 juta

REPUBLIKA.CO.ID,REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Platform social commerce, Evermos, berhasil mengumpulkan dana sebesar US$ 39 juta dalam putaran pendanaan Seri C.

Pendanaan dipimpin oleh International Finance Corporation (IFC) diikuti oleh beberapa mitra investor lama seperti Jungle Ventures, Shunwei Capital, UOB Venture Management, dan Telkomsel Mitra Inovasi. Putaran pendanaan ini juga melibatkan investasi dari mitra investor baru, SWC Global, Endeavor Catalyst, dan Uni-President Asset Holdings.

 

Co-Founder dan CEO Evermos, Ghufron Mustaqim, mengatakan, dengan putaran pendanaan terbaru ini, Evermos komit dalam mencapai misinya untuk meningkatkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal serta memberikan dampak positif bagi ekonomi nasional.

 

"Kami tetap setia pada komitmen kami dalam mendukung brand lokal sejak awal. Dalam proses mengatasi permasalahan logistik yang dihadapi berbagai brand Indonesia akibat tantangan geografis dan ekonomi negara yang unik, kami menyadari bahwa brand dari Indonesia menghadapi beragam tantangan di luar dari isu distribusi. Oleh karena itu, kami akan terus memanfaatkan inovasi guna menghubungkan brand lokal dengan pelanggan di kota-kota kategori tingkat lebih rendah dengan lebih efisien,’’ papar Ghufron dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/5/2023). 

 

Lebih lanjut dikatakan, pencapaian ini mencerminkan kepercayaan investor dalam menjalankan misi Evermos dan dedikasinya untuk memberdayakan kelompok rentan dengan menyediakan sumber pendapatan yang berkelanjutan dan fleksibel melalui jaringan distribusi terhubung dan dukungan dari layanan perdagangan Evermos.

 

Evermos akan mengalokasikan pendanaan terbaru ini untuk memperkuat jaringan reseller dengan memperdalam penetrasi di Jawa dan melakukan ekspansi ke Sumatera, sehingga brand dapat lebih cepat menjangkau populasi Indonesia yang semakin berkembang di kota-kota tier 2 dan tier 3.

 

Selanjutnya, dikatakan Evermos akan terus mendorong upaya pemberdayaan merek lokal untuk memberikan dampak positif pada ekonomi Indonesia, dengan memperluas layanan di seluruh rantai nilai ritel untuk mendukung pertumbuhan mereka yang berkelanjutan.

 

Selain memperluas jaringan reseller, Evermos akan terus memimpin upaya pengembangan keterampilan bagi reseller untuk memperluas basis pelanggan mereka melalui iklan digital di luar jaringan pribadi.

 

Perusahaan ini mencatat peningkatan penjualan hingga 18 kali lipat bagi reseller yang memanfaatkan alat-alat digital dibandingkan dengan mereka yang hanya mengandalkan jaringan pribadi. Selain itu, pendanaan ini akan mendukung pengembangan berbagai tools dan solusi berbasis kecerdasan buatan (AI) oleh Evermos untuk membantu reseller memahami konsumen lebih baik melalui Customer Relationship Management.

 

Acting Country Manager IFC for Indonesia and Timor-Leste, Randall Riopelle mengatakan, meningkatkan pertumbuhan platform social commerce yang didukung teknologi seperti Evermos dapat memacu pertumbuhan ekonomi dan memberikan kontribusi besar untuk membuka akses ke pasar, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan kesejahteraan bagi jutaan UMKM dan pengusaha, yang banyak di antaranya adalah perempuan dan merupakan tulang punggung dari perekonomian Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement