Ahad 04 Dec 2022 09:40 WIB

Perkuat Industri Fashion Muslim, Evermos dan Ria Miranda Jalin Kerja Sama

Kerja sama ini diharapkan menginspirasi semakin banyak brand dan UKM hijab lokal.

Startup social commerce Evermos dan Ria Miranda mengumumkan rencana kerja sama bisnis
Foto: istimewa
Startup social commerce Evermos dan Ria Miranda mengumumkan rencana kerja sama bisnis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Startup social commerce Evermos dan Ria Miranda mengumumkan rencana kerja sama bisnis untuk mengangkat produk modest fashion buatan lokal dan memicu dampak positif pada ekonomi nasional. Secara konkret, kerja sama ini dilakukan dengan peluncuran brand Dale by Ria Miranda di dalam platform dan ekosistem Evermos.

"Di RiaMiranda Annual Show ke-10 ini, saya berbagi panggung dengan teman-teman sesama pelaku bisnis, melalui sejumlah kolaborasi dan kerjasama yang bertujuan untuk memperkuat ekosistem industri mode muslim tanah air," ungkap Ria Miranda, Creative Director Brand RiaMiranda dalam keterangan persnya, Ahad (4/12/2022).

Baca Juga

Ghufron Mustaqim, CEO dan Co-Founder Evermos menyampaikan, masyarakat Indonesia dapat menghabiskan sekitar Rp 91 triliun setiap tahun untuk membeli hijab. "Sayangnya, riset kami di World Economic Forum menunjukkan bahwa hanya 25% dari hijab tersebut yang dihasilkan oleh produksi lokal. Ini merupakan sebuah kesempatan memajukan ekonomi nasional yang masih sangat bisa dioptimalkan," kata dia.

'Bekerja sama dengan RiaMiranda, yang merupakan pegiat modest fashion, kami ingin menginspirasi semakin banyak brand dan UKM hijab lokal untuk terus berkreasi,  berinovasi, serta memanfaatkan teknologi. Harapannya, ada semakin banyak produk-produk lokal yang mampu memenangkan kembali pasar mode muslim kita," lanjut Ghufron Mustaqim.

Pandu Rosadi, CEO Brand RiaMiranda mengatakan, persaingan di pasar selalu memunculkan tantangan-tantangan baru. "Maka dari itu, masuknya kita ke era digitalisasi ini tidak boleh kita lewatkan begitu saja. Kita harus dapat memanfaatkannya, termasuk dengan bergabung Evermos. Saya harap Evermos yang menyediakan dukungan lengkap bagi para brands, mulai dari value chain enabler hingga retail enabler, dapat menjadi platform yang benar-benar memajukan brand lokal," kata dia.

"Salah satu dukungan yang kami harapkan dari Evermos adalah menghubungkan brands dengan ratusan ribu reseller aktif di seluruh Indonesia. Melalui hal tersebut, semua orang bisa mudah buka usaha dengan menjualkan kembali produk-produk yang ada di Evermos. Termasuk produk modest fashion yang masih menyimpan banyak potensi dan sedang mulai bangkit lagi di tahun 2022 ini," lanjut Pandu Rosadi.

Sebagai awal bentuk konkret kerja sama antara Evermos dengan RiaMiranda, brand Dale by Ria Miranda sudah masuk ke dalam ekosistem Evermos sejak bulan November lalu. Menawarkan produk-produk modest fashion seperti hijab dan gamis, Dale by Ria Miranda dapat dijual kembali ataupun dibeli sendiri dengan mudah melalui aplikasi Evermos yang sudah diunduh lebih dari 1 juta kali. Di samping produk-produk yang sudah ada tersebut, rencananya akan ada produk kolaborasi antara Dale by Ria Miranda dengan Evermos yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Kerja sama ini juga merupakan lanjutan dari bergabungnya Ria Miranda ke keluarga besar Evermos sebagai brand ambassador. Keduanya mampu melahirkan sinergi yang baik karena memiliki visi dan keyakinan yang selaras. Keyakinan tersebut menurut Ria Miranda adalah bahwa berbisnis tidak hanya sekadar uang, namun juga harus kuat impact-nya.

"Cita-cita kami mendirikan RiaMiranda itu ingin memberikan banyak kebaikan. Setelah visi ini kami terapkan, ke-impact juga ke tim, ketika kami bekerja sama dan berkolaborasi. Dipikirin banget, apa ya yang bisa kita kasih? Sama Evermos juga, sesuai gak ya visi misinya sama kita tadi? Jadi gak asal kolaborasi," jelas Ria Miranda.

Salah satu kesamaan yang paling kuat antara Ria Miranda dan Evermos dalam memberikan kebaikan adalah membangun komunitas yang positif. Keduanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan yang membangun di dalam komunitasnya masing-masing, mulai dari pengajian, silaturahmi, kopdar, training, hingga workshop secara rutin.

Evermos, sebagai tech startup, melahirkan komunitas tersebut secara offline maupun online, sehingga terasa dekat namun tetap mudah diakses siapa saja. Untuk bergabung dengan komunitas online Evermos yang terbuka untuk umum, seseorang tinggal mencari "Komunitas Belajar Bisnis by Evermos" di platform Facebook Group atau dengan mengklik tautan evermos.info/joinKBB.

Di samping melahirkan komunitas, RiaMiranda dengan Evermos juga kuat dengan pemberdayaan perempuan. Lebih dari 70% reseller Evermos adalah perempuan. Beresonansi dengan para womenpreneur tersebut, Ria Miranda berharap akan semakin banyak perempuan yang mampu bersaing dalam dunia bisnis.

"Sejak day 1, mimpi kami di Evermos adalah untuk memajukan kesejahteraan ekonomi yang semakin inklusif. Perempuan, yang kami percaya merupakan tulang punggung masa depan, selalu menjadi salah satu perhatian terbesar kami dalam inklusivitas tersebut. Tak jarang dari mereka yang kesulitan untuk membantu ekonomi keluarganya. Evermos berharap dapat memfasilitasi para perempuan untuk menambah pemasukan keluarga, tanpa harus meninggalkan perannya di rumah," tutup Ghufron Mustaqim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement