Selasa 23 May 2023 21:08 WIB

Garuda Indonesia Pastikan Kesiapan Operasional dan Fasilitas Selama Penerbangan Haji

Garuda Indonesia tambah jumlah kursi roda hingga petugas khusus.

Pekerja Garuda Maintenance Facility (GMF) merapikan fasilitas di pesawat Garuda Indonesia yang akan digunakan untuk armada haji 1444 H/2023.
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Pekerja Garuda Maintenance Facility (GMF) merapikan fasilitas di pesawat Garuda Indonesia yang akan digunakan untuk armada haji 1444 H/2023.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia memastikan kesiapan operasional dan fasilitas yang ramah terhadap jamaah lanjut usia (lansia) selama penerbangan haji tahun 2023. "Sejumlah pelayanan dan kenyamanan para calon jamaah haji kita siapkan, baik selama di bandara maupun selama penerbangan," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra di Tangerang, Banten, Selasa (23/5/2023).

Untuk itu Garuda Indonesia telah menambah jumlah kursi roda hingga petugas khusus untuk melayani jamaah lansia di pesawat dan saat tiba di Tanah Cuci. "Kementerian Agama memberitahu kami, tahun ini bahwa 30 persen daripada jamaah kita itu usianya di atas 65 tahun. Jadi diharapkan ini penerbangan haji ramah lansia. Untuk menyikapi itu tentunya kami banyak sekali persiapan-persiapan yang mesti dilakukan. Insya Allah, semua persiapan sudah mendekati final ya," ujarnya.

Baca Juga

Selain itu pihaknya juga menambah sekitar 400 awak kabin yang telah dilatih melayani jamaah lansia.

"Kami juga kirim beberapa puluh orang ke Saudi, hanya untuk menjadi petugas haji Garuda Indonesia yang tugasnya adalah membantu jamaah hingga bisa kami serahkan ke Kementerian Agama di Saudi. Demikian juga nanti pulangnya, kita urus kepulangannya," kata Irfan.

Petugas atau para awak kabin Garuda Indonesia itu, lanjutnya, diberikan instruksi khusus dalam memberikan pelayanan terhadap para jamaah selama penerbangan yang mendekati 10 jam. Selain itu untuk memberikan kenyamanan,Garuda Indonesia dipasang head rest di kursi dan disediakan bantal dan selimut, serta hiburan bernuansa islami dan makanan khas daerah embarkasi.

"Kami juga menambahkan nomor di seat untuk memudahkan para jamaah mencari tempat mereka duduk," kata Irfan.

Garuda Indonesia menyiapkan 14 pesawat berbadan lebar untuk melayani 104.172 calon jamaah haji Indonesia pada musim haji 1444 Hijriah/2023 Masehi yang akan berangkat ke Tanah Suci mulai Rabu 24 Mei 2023 dini hari sampai dengan 2 Agustus 2023. Para calon jamaah Haji tahun ini akan dibagi ke dalam 287 kelompok terbang (kloter) dan akan diberangkatkan dari 9 embarkasi yaitu Aceh, Medan, Padang, Jakarta, Solo, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, dan Lombok.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement