Selasa 23 May 2023 00:50 WIB

Mobil Listrik China BYD di Eropa tak Hanya Serbu Pasar, Pabriknya Dibangun di Tiga Negara

BYD berencana tak hanya membangun pabrik di Eropa, namun Asia dan Amerika.

Jurnalis dan masyarakat umum melihat SUV listrik Atto 3 buatan produsen mobil China BYD, di pameran dagang kendaraan listrik Fully Charged Live di Farnborough, Inggris, 28 April 2023.
Foto: Reuters
Jurnalis dan masyarakat umum melihat SUV listrik Atto 3 buatan produsen mobil China BYD, di pameran dagang kendaraan listrik Fully Charged Live di Farnborough, Inggris, 28 April 2023.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-Produsen mobil nomor satu China, BYD sedang dalam pembicaraan untuk membangun pabrik mobil listrik (EV) di Prancis, Jerman, dan Spanyol.

Chinese Daily Economic, Senin (22/5/2023) melaporkan bahwa BYD sedang mendiskusikan dengan pemerintah Prancis kemungkinan membangun pabrik di negara tersebut.

Baca Juga

Juru bicara BYD saat dikonfirmasi CarNewsChina mengatakan perusahaan sedang mempelajari banyak tempat untuk pabrik EV Eropa pertamanya. BYD sebelumnya mengonfirmasi bahwa Inggris dikesampingkan karena Brexit, dan lokasi akhir harus diputuskan tahun ini.

Menurut sumber, BYD juga aktif berdiskusi dengan perwakilan Jerman dan Spanyol untuk mencari lokasi yang cocok. Awal produksi ditetapkan pada tahun 2025 ketika PV listrik BYD buatan Eropa pertama akan diluncurkan untuk jalur produksi.

Informasi dari laporan Les Echos, di mana menteri Prancis mengkonfirmasi negosiasi yang sedang berlangsung dengan BYD. Menurut laporan sebelumnya dari IT House, strategi di Eropa BYD lebih suka membangun pabrik baru daripada mengambil alih yang sudah ada.

November 2021, BYD menghentikan produksi pabrik e-bus Prancisnya karena permintaan yang rendah, dan pabrik tersebut ditutup tidak lama kemudian. Saat itu, BYD menyatakan ingin tetap aktif di pasar Prancis meski ditutup.

Sedangkan pada Desember tahun lalu, Wakil Presiden BYD Stella Li mengonfirmasi bahwa pabrik Eropa untuk kendaraan penumpang listrik sedang dibuat. “Ya, dan mungkin tidak hanya satu; bisa dua,” tambahnya. Pada tahun 2022 BYD mengumumkan rencana untuk menjual kendaraan di seluruh benua, termasuk Jerman, Swedia, Norwegia, Belanda, Prancis, dan Inggris. Perusahaan sedang mengevaluasi lokasi terbaik “untuk mendukung peningkatan cepat BYD,” Stella Li menyimpulkan.

Pada tahun 2023, sebagian besar pasar Eropa yang diumumkan sebelumnya sudah menjual mobil listrik BYD, terutama sedan premium Han dan SUV Tang, yang baru-baru ini bergabung dengan crossover Atto 3. Dalam perkembangan terakhir, Atto 3 diluncurkan di Inggris pada Maret.

BYD juga baru-baru ini memperluas bukan negara baru di mana mereka menjual mobil tetapi juga menambah pabrik baru di seluruh dunia. Pada bulan Maret, BYD meletakkan batu pertama untuk pabrik baru mereka di Thailand, yang akan mulai beroperasi pada tahun 2024, mengumumkan pabrik baru di Vietnam, dan membahas hal yang sama dengan Filipina dan Indonesia.

Dan itu bukan hanya Asia dan Eropa. BYD sedang mempertimbangkan untuk mengambil alih pabrik Ford lama di Brasil dan sudah memproduksi bus listrik di AS di pabrik California mereka. Namun, jangan terlalu bersemangat; BYD kemungkinan besar hanya akan bertahan dalam permainan bus di Amerika Utara dan tidak berencana untuk beralih ke produksi atau penjualan kendaraan penumpang di AS.

sumber : CarNewsChina.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement