Senin 22 May 2023 14:50 WIB

OJK: Jarak Literasi Keuangan Syariah dan Konvensional Perlu Diperkecil

Indeks literasi keuangan syariah baru 9,14 persen sementara konvensional 49,68 persen

Ekonomi syariah (ilustrasi). OJK mengatakan jarak literasi keuangan syariah dan keuangan konvensional perlu terus diperkecil.
Foto: Islamitijara.com
Ekonomi syariah (ilustrasi). OJK mengatakan jarak literasi keuangan syariah dan keuangan konvensional perlu terus diperkecil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Departemen Literasi, Inklusi, dan Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Aman Sentosa mengatakan jarak literasi keuangan syariah dan keuangan konvensional perlu terus diperkecil. Berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi (SNLKI) yang dilaksanakan OJK di 2022, indeks literasi keuangan syariah baru mencapai 9,14 persen, sementara indeks literasi keuangan konvensional mencapai 49,68 persen.

"Intinya memang masih ada gap antara literasi keuangan syariah dengan keuangan yang konvensional, tapi ini perlu tetap disyukuri karena meningkat, meski masih jauh di bawah literasi keuangan konvensional," katanya dalam Indonesia Sharia Finansial Olympiad (ISFO) di Gedung Dhanapala, Senin (22/5/2023).

Baca Juga

Jarak antara indeks literasi keuangan syariah dengan keuangan konvensional perlu terus diperkecil dengan upaya-upaya meningkatkan literasi keuangan syariah, termasuk dengan memberikan informasi terkait produk keuangan syariah pada siswa dan mahasiswa.

Ia mengatakan literasi keuangan syariah yang rendah dapat menyebabkan masyarakat mudah ditipu oleh oknum yang menyelenggarakan jasa keuangan ilegal hingga kehilangan kepercayaan terhadap lembaga jasa keuangan.

"Literasi keuangan yang rendah merupakan pangkal dari tingginya ketidakpuasan dan pengaduan masyarakat pada OJK terkait layanan jasa keuangan, termasuk pengaduan terkait investasi bodong, pinjol (pinjaman online) ilegal," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) Astera Primanto Bhakti mengatakan pemahaman masyarakat Indonesia terhadap ekonomi syariah masih belum cukup baik, meskipun terus meningkat setiap tahun.

"Selalu ada dikotomi konvensional dan syariah di tengah masyarakat, padahal di kehidupan sehari-hari banyak kegiatan terkait ekonomi syariah yang dilakukan masyarakat, misalnya terkait jual beli yang selalu diawali akad," katanya.

Untuk meningkatkan literasi keuangan syariah terutama di kalangan siswa dan mahasiswa, OJK menyelenggarakan Indonesia Sharia Finansial Olympiad (ISFO) yang merupakan lomba cerdas cermat tentang ekonomi dan keuangan syariah.

Perlombaan tersebut dimenangkan oleh tiga juara dari tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan perguruan tinggi yang diharapkan oleh Astera untuk dapat terus menyebarkan informasi tentang ekonomi dan keuangan syariah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement