Kamis 11 May 2023 15:34 WIB

Uang Bisa Bertumbuh dengan Sendirinya, Ini 5 Alasan Kenapa Setiap Orang Harus Berinvestasi

Perkembangan nilai investasi sering kali melebihi tingkat inflasi tiap tahun

Ilustrasi investasi. Salah satu alasan utama mengapa investasi harus segera dilakukan oleh semua orang yang memiliki dana dingin atau uang tak terpakai.
Foto: Freepik
Ilustrasi investasi. Salah satu alasan utama mengapa investasi harus segera dilakukan oleh semua orang yang memiliki dana dingin atau uang tak terpakai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Investasi adalah aktivitas menanam modal yang biasa dilakukan oleh investor agar bisa mendapatkan peluang keuntungan atau imbal hasil di waktu mendatang. Berbeda dengan menabung, investasi dilakukan pada sejumlah instrumen investasi yang memiliki potensi return dan risiko kerugian tersendiri yang perlu disesuaikan dengan profil risiko investor. 

Dengan cara kerjanya tersebut, secara umum, investasi adalah aktivitas mengumpulkan uang yang lebih menguntungkan dibanding sekadar menabung di rekening perbankan. Pasalnya, melalui investasi, dana yang disimpan oleh investor mampu bertumbuh dan berkembang dengan tingkat tertentu seiring waktu. 

Baca Juga

Selain itu, ada banyak keuntungan lain yang membuat semua orang perlu mulai berinvestasi sedini mungkin. Tanpa panjang lebar lagi, yuk simak lima alasan kenapa setiap orang perlu berinvestasi dan menanam modal di instrumen yang tepat sejak sekarang. 

1. Melindungi nilai aset agar tak tergerus inflasi

Salah satu alasan utama mengapa investasi harus segera dilakukan oleh semua orang yang memiliki dana dingin atau uang tak terpakai adalah agar nilai asetnya tersebut tak tergerus inflasi. Bagaimana cara investasi melindungi aset Anda dari risiko inflasi yang pasti terjadi setiap tahunnya?

Sederhana, dengan menanam modal di instrumen investasi tertentu, nilainya bisa terus berkembang seiring waktu. Perkembangan nilai investasi tersebut sering kali melebihi tingkat inflasi tiap tahun. 

Sebagai contoh, biasanya, tingkat inflasi di Indonesia berada di kisaran angka 4 sampai 5 persen per tahunnya. Sedangkan, di sejumlah jenis instrumen investasi, tiap tahun nilai imbal hasil atau return yang diberikan bisa mencapai 7 atau 8 persen, bahkan hingga belasan persen tergantung dari kinerjanya. Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin nilai kekayaan terus berkurang karena inflasi, pastikan untuk mulai menyimpannya di instrumen investasi pilihan sedari sekarang. 

2. Menjadi cara ideal meraih tujuan finansial

Melalui peluang imbal hasil yang diberikannya, investasi juga bisa menjadi cara ideal untuk meraih tujuan finansial. Pasalnya, seiring waktu, nilai uang yang disimpan di instrumen investasi bisa bertambah tanpa perlu dikelola secara aktif setiap waktu. 

Misalnya, dengan menabung, untuk mampu mencapai dana sebesar Rp 12 juta selama setahun, Anda perlu rutin menyisihkan uang Rp 1 juta tiap bulan. Sementara dengan investasi, waktu yang dibutuhkan untuk meraih target tabungan tersebut bisa lebih rendah karena terbantu oleh imbal hasil investasi. Karena alasan inilah investasi kerap dijadikan cara ideal untuk meraih tujuan finansial lebih cepat.

3. Membantu kebutuhan jangka pendek hingga panjang tercapai

Dengan investasi, Anda dapat lebih mudah memenuhi kebutuhan jangka pendek, menengah, ataupun panjang. Pasalnya, ada banyak jenis instrumen investasi yang bisa dipilih menyesuaikan jangka waktu investasi Anda.

Jika ingin mencapai tujuan investasi jangka pendek, instrumen investasi berisiko rendah seperti reksa dana pasar uang dan deposito menjadi pilihan yang ideal. Sedangkan untuk jangka panjang, Anda bisa memilih instrumen berisiko lebih tinggi seperti reksa dana saham karena mampu memberi potensi keuntungan menjanjikan. Jadi, baik kebutuhan jangka pendek, menengah, atau panjang sekalipun dapat dicapai dengan lebih lekas dengan investasi. 

4. Meningkatkan nilai kekayaan seiring waktu

Berkat peluang keuntungan atau imbal hasil yang bisa diberikannya, investasi juga bisa menjadi sarana untuk meningkatkan nilai kekayaan seiring waktu tanpa perlu harus mengelolanya secara aktif. Terlebih, semenjak kehadiran instrumen reksa dana, masyarakat mampu dengan mudah berinvestasi karena pengelolaannya dilakukan oleh manajer investasi. 

Selain itu, investasi reksa dana juga bisa dimulai dengan modal mulai dari 10 ribuan saja. Sehingga, akses terhadap instrumen investasi tersebut terbuka untuk hampir semua kalangan masyarakat agar mampu meningkatkan nilai kekayaannya seiring waktu. 

5. Mengantisipasi ketidakpastian finansial masa depan

Alasan terakhir kenapa investasi wajib menjadi langkah finansial yang dilakukan semua orang adalah untuk mengantisipasi ketidakpastian di masa depan. Bagaimana maksudnya? Tidak dapat dipungkiri jika masalah keuangan bisa saja terjadi kepada siapa saja tanpa pertanda. 

Sebagai contoh, bukan tidak mungkin Anda bakal kehilangan pekerjaan dan penghasilan secara tiba-tiba. Nah, dengan investasi, Anda dapat mengumpulkan dana darurat dengan lebih mudah dan optimal karena nilainya bisa terus bertumbuh seiring waktu. Sehingga, tak peduli dengan laju inflasi yang terus terjadi setiap tahun, dana darurat yang terkumpul di instrumen investasi nilainya juga akan bertambah menyamai atau bahkan melebihi inflasi. 

Yuk, perluas wawasan seputar investasi dengan berguru di Cermati University

Setelah memahami penjelasan di atas, ada banyak alasan yang menjadikan investasi sebagai aktivitas yang wajib dijalani oleh semua orang. Meski begitu, menanam modal perlu dilakukan dengan dasar pemahaman yang cukup agar mampu memberikan manfaatnya secara optimal. Nah, jika ingin tahu lebih lanjut tentang dunia investasi dan memperluas wawasan seputarnya, Anda bisa berguru di Cermati University via kanal di Youtube.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement