Kamis 11 May 2023 01:46 WIB

Surge dan Fujian Taikuk Technology Garap Proyek Rp 14,7 Triliun

Kerja sama Surge dan Fujian Taikuk untuk kembangkan layanan 5G Fixed Wireless Access

PT Solusi Sinergi Digital Tbk menandatangani strategic cooperation framework agreement dengan Fujian Taikuk Technology Investment Co Ltd. Dalam kerja sama ini, dua perusahaan akan mengembangkan fixed wireless access senilai satu miliar dolar AS atau setara Rp 14,7 triliun.
Foto: dok istimewa
PT Solusi Sinergi Digital Tbk menandatangani strategic cooperation framework agreement dengan Fujian Taikuk Technology Investment Co Ltd. Dalam kerja sama ini, dua perusahaan akan mengembangkan fixed wireless access senilai satu miliar dolar AS atau setara Rp 14,7 triliun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Solusi Sinergi Digital Tbk menandatangani strategic cooperation framework agreement dengan Fujian Taikuk Technology Investment Co Ltd. Dalam kerja sama ini, dua perusahaan akan mengembangkan fixed wireless access senilai satu miliar dolar AS atau setara Rp 14,7 triliun.

Penandatanganan perjanjian tersebut dilakukan oleh Presiden Direktur Surge, Hermansjah Haryono dan Chairman of Fujian Taikuk Technology Investment, Zheng Tianyi dalam acara China (Fujian)-Indonesia Two Countries, Twin Parks Economic and Trade Cooperation Promotion Conference. Acara itu disaksikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan dan Secretary of Fujian Provincial Committee, Zhou Zuyi.

Kerja sama antara Surge dan Fujian Taikuk Technology bertujuan untuk mengembangkan layanan 5G Fixed Wireless Access dengan memanfaatkan infrastruktur serat optik yang telah dimiliki emiten berkode saham WIFI tersebut sepanjang jalur kereta di Pulau Jawa. Layanan ini akan mempenetrasi lebih dari 40 juta rumah tangga yang akan mampu dirasakan sekitar 140 juta jiwa penduduk yang bertempat tinggal di sepanjang jalur kereta.

Adapun nilai investasi pada kerja sama ini senilai satu miliar dolar AS atau setara tujuh miliar yuan, yang ditujukan untuk menyediakan layanan konektivitas yang handal dan terjangkau bagi masyarakat di Pulau Jawa melalui Fixed Wireless Access, membangun Ultimate Data Backbone di Pulau Jawa, serta memberikan proteksi tambahan bagi jaringan infrastruktur serat optik WIFI. Potensi pendapatan maksimum atas proyek ini sebesar 1,2 miliar dolar AS per tahun.

CEO Surge Hermansjah Haryono mengatakan dukungan dari Fujian Taikuk Technology Investment, perusahaan optimis dapat merealisasikan pembangunan infrastruktur Fixed Wireless Access yang akan memberikan manfaat bagi sekitar 10 juta rumah tangga di Jawa. 

“Kami juga sedang berdiskusi dengan para operator dalam mengoptimalkan potensi 5G FWA,” ujarnya dalam keterangan tulis, Rabu (10/5/2023).

Sementara itu, Chairman of Fujian Taikuk Technology Investment Zheng Tianyi menambahkan pihaknya akan memanfaatkan keahlian dan jaringan perusahaan untuk mengembangkan teknologi serta pembiayaan dari Tiongkok untuk mendukung proyek jaringan komunikasi milik Surge.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement