Selasa 09 May 2023 14:47 WIB

Menhub Jamin Transportasi Laut Layani Maksimal Kebutuhan KTT ASEAN 

Sejumlah pengaturan di sektor transportasi laut telah dilakukan.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Friska Yolandha
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan transportasi laut akan memberikan pelayanan maksimal untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan KTT ASEAN di Labuan Bajo pada 9-11 Mei 2023.
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan transportasi laut akan memberikan pelayanan maksimal untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan KTT ASEAN di Labuan Bajo pada 9-11 Mei 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, LABUAN BAJO -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan transportasi laut akan memberikan pelayanan maksimal untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan KTT ASEAN di Labuan Bajo pada 9-11 Mei 2023. Budi mengungkapkan, sejumlah pengaturan di sektor transportasi laut telah dilakukan, salah satunya yaitu untuk mengatur pergerakan kapal-kapal di perairan dermaga Marina, serta di sekitar Hotel Meruorah dan Hotel Ayana, yang menjadi salah satu venue dari kegiatan KTT ASEAN.

Pelabuhan Marina akan menjadi lokasi dari kegiatan para pemimpin ASEAN yang akan melihat matahari terbenam (sunset) melalui kapal pinisi. Selain itu, di pelabuhan terdapat area bazar, hiburan serta fasilitas sepeda bagi para delegasi KTT ASEAN. Menhub memastikan kondisi pelabuhan sudah tertata dengan baik.

Baca Juga

“Perhelatan internasional seperti KTT ASEAN ini memberi pelajaran kepada kami untuk terus membenahi diri, terutama dalam hal pelayanan dan kebersihan,” kata Budi dalam Siaran Pers, Selasa (9/5/2023).

Untuk menjaga keamanan perairan dan mengatur pergerakan kapal pinisi maupun kapal klotok (kapal nelayan) yang biasa melintas di area tersebut, Kemenhub telah menyiagakan dua kapal patroli dari Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ditjen Perhubungan Laut mulai tanggal 5 hingga 12 Mei 2023.

 

Kapal patroli yang diterjunkan adalah Kapal Patroli KPLP KN Chundamani P.116, yang dimiliki oleh Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Perak dan KN Jembio milik Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok. Kapal Patroli tersebut dilengkapi dengan 23 personel masing-masing, yang siap untuk menjaga keamanan dan keamanan di sekitar perairan tersebut.

Selain itu, pihaknya telah menugaskan PT Pelni untuk menyiapkan kapal KM Sinabung berkapasitas 2.000 pax sebagai akomodasi terapung bagi tim pendamping, media nasional dan asing, tim pengamanan, panitia pelaksana, dan tim pendukung lainnya, di Dermaga Pelabuhan Labuan Bajo pada tanggal 6 sd 12 Mei 2023 tanpa dipungut biaya.

Kemenhub juga menyiapkan sarana dan prasarana kepelabuhanan untuk menyambut kapal-kapal yang sandar di Pelabuhan Labuan Bajo seperti Kapal KRI, Kapal Rumah Sakit, kapal Yacht dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement