Senin 08 May 2023 23:58 WIB

Menko Airlangga Tegaskan PSN Sesuai Kebutuhan Masyarakat

Infrastruktur transportasi disebut telah menurunkan biaya logistik.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Ahmad Fikri Noor
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto meresmikan rangkaian kegiatan Sewindu Proyek Strategis Nasional di Jakarta, Senin (8/5/2023).
Foto: Republika/Iit Septyaningsih
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto meresmikan rangkaian kegiatan Sewindu Proyek Strategis Nasional di Jakarta, Senin (8/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pembangunan infrastruktur berpengaruh besar terhadap kehidupan masyarakat. Infrastruktur di sektor transportasi, misalnya, kata dia, dapat menurunkan biaya logistik secara signifikan bagi Indonesia yang merupakan negara kepulauan.

Ia pun meyakini, Proyek Strategis Nasional (PSN) bermanfaat bagi masyarakat. Berbagai proyek itu pun akan terus dijalankan.

Baca Juga

“Saya yakin, apa yang masuk PSN adalah kebutuhan masyarakat dan seluruh program PSN akan terus berjalan,” tegas Airlangga dalam acara Sewindu PSN di Jakarta, Senin (8/5/2023).

Dia melanjutkan, percepatan penyelesaian PSN didorong agar menunjukkan capaian progresif dari tahun ke tahun. Ia juga menegaskan, kolaborasi antara pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan menjadi hal penting dalam percepatan penyelesaian PSN, termasuk antara pemerintah pusat dan daerah. Pencapaian pembangunan dan percepatan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan ini, lanjut dia, merefleksikan dampak positif dari dari upaya pemerintah bersama seluruh pemangku kepentingan selama delapan tahun terakhir ini dalam mempercepat penyelesaian berbagai PSN.

Kemenko Perekonomian meluncurkan Program Sewindu PSN guna memperingati delapan tahun keberhasilan beragam proyek strategis nasional yang berdampak positif terhadap pembangunan infrastruktur dan ekonomi berkelanjutan di Indonesia. Program yang akan bergulir dari Mei hingga Oktober 2023 itu terdiri dari rangkaian kegiatan dan aktivitas yang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran publik, menstimulasi minat publik, serta mengedukasi publik, terutama generasi muda Indonesia mengenai peran penting PSN terhadap pembangunan ekonomi nasional dan kehidupan berkelanjutan.

“Harapan kami, masyarakat lebih sadar, percepatan pembangunan infrastruktur yang merata di seluruh Tanah Air akan memberi dampak yang sangat positif terhadap penciptaan konektivitas yang kuat antarwilayah," tuturnya.

Diharapkan pula dapat menurunkan biaya logistik, memperkecil ketimpangan, meningkatkan kualitas hidup masyarakat, serta memupus kesenjangan ekonomi antarwilayah di Indonesia, yang pada akhirnya bermuara pada peningkatan daya saing dan stimulus pertumbuhan ekonomi guna mencapai negara maju.

Disebutkan, wujud nyata kehadiran PSN bagi kesejahteraan rakyat di antaranya berupa penambahan panjang jalan tol sebesar tiga kali lipat dalam delapan tahun terakhir. Kemudian telah beroperasinya perkeretaapian LRT dan MRT di Indonesia.

Sebagai Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), Airlangga terus mendorong percepatan penyelesaian PSN sehingga menunjukkan capaian yang progresif dari tahun ke tahun. Sejak 2016 sampai Desember 2022, sebanyak 156 PSN telah diselesaikan dengan estimasi nilai investasi Rp 1.080,2 triliun.

PSN dinilai mampu menjadi backbone untuk menunjang konektivitas, ketahanan energi, kedaulatan pangan dan mitigasi bencana, hilirisasi industri serta investasi. Pada 2023, sebanyak 30 PSN ditargetkan dapat diselesaikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement