Kamis 04 May 2023 07:07 WIB

Keputusan Fed AS Picu Komentar Beragam dari Outlet Berita Utama

Federal Reserve AS menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin pada Rabu (3/5/2023).

Konferensi pers oleh Ketua Federal Reserve Jerome Powell ditampilkan di lantai Bursa Efek New York di New York, Rabu, 3 Mei 2023. Federal Reserve memperkuat perjuangannya melawan inflasi tinggi pada Rabu dengan menaikkan suku bunga utamanya sebesar seperempat -menunjuk ke level tertinggi dalam 16 tahun.
Foto: AP Photo/Seth Wenig
Konferensi pers oleh Ketua Federal Reserve Jerome Powell ditampilkan di lantai Bursa Efek New York di New York, Rabu, 3 Mei 2023. Federal Reserve memperkuat perjuangannya melawan inflasi tinggi pada Rabu dengan menaikkan suku bunga utamanya sebesar seperempat -menunjuk ke level tertinggi dalam 16 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Federal Reserve AS menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin pada Rabu (3/5/2023) dalam perang melawan inflasi yang cepat, tetapi juga membuka pintu untuk kemungkinan jeda suku bunga meningkat, yang ditanggapi oleh media utama dengan berbagai liputan dan sudut pandang. Ini merupakan langkah ke-10 berturut-turut sejak Maret 2022.

"Fed Menaikkan Suku Bunga tetapi Membuka Pintu untuk Jeda," kata The New York Times, mencatat bahwa para bankir sentral menaikkan suku bunga ke kisaran 5,00 persen hingga 5,25 persen, tingkat yang belum pernah mereka capai sejak musim panas 2007.

Baca Juga

Langkah tersebut mengakhiri serangkaian kenaikan suku bunga tercepat sejak 1980-an, karena bank sentral yang dipimpin oleh Ketua Jerome H Powell berupaya memperlambat ekonomi dan menekan kenaikan harga-harga.

"Federal Reserve menaikkan suku bunga seperempat poin, kenaikan ke-10 berturut-turut, karena inflasi tetap tinggi. Kenaikan itu mungkin yang terakhir untuk saat ini, karena pembuat kebijakan menyarankan bahwa langkah lebih lanjut mungkin tidak diperlukan," tambahnya.

"Fed menaikkan suku bunga seperempat poin dan menandakan potensi berakhirnya kenaikan," kata CNBC,

Mereka mencatat bahwa Federal Reserve menyetujui kenaikan suku bunga ke-10 hanya dalam waktu kurang dari setahun dan memberikan petunjuk tentatif bahwa siklus pengetatan saat ini telah berakhir.

"Keputusan itu diharapkan secara luas, yang membawa tingkat suku bunga dana ke kisaran target dari 5 persen sampai 5,25 persen, sudah bulat," tambah CNBC.

"Fed menaikkan suku bunga utama tetapi mengisyaratkan mungkin berhenti di tengah gejolak  perbankan," kata The Associated Press.

Ketua Jerome Powell mengatakan Fed belum memutuskan apakah akan menangguhkan kenaikan suku bunganya. Namun dia menunjuk perubahan dalam bahasa pernyataan sebagai konfirmasi setidaknya kemungkinan itu.

"Powell mengatakan Fed akan terus memantau data ekonomi terbaru dalam memutuskan apakah menghentikan pendakiannya," lanjut The Associated Press.

"Fed memberikan kenaikan suku bunga kecil, menandakan kemungkinan jeda dalam siklus pengetatan," lapor Reuters,

Reuters menekankan bahwa Federal Reserve pada hari Rabu menaikkan suku bunga sebesar seperempat poin persentase dan mengisyaratkan akan menghentikan kenaikan lebih lanjut, memberi pejabat waktu untuk menilai dampak dari kegagalan bank baru-baru ini, menunggu penyelesaian kebuntuan politik atas plafon utang AS, dan pantau jalannya inflasi.

"Fed menaikkan suku sebesar 0,25 poin persentase, tetapi kenaikan ini mungkin terakhir untuk saat ini," komentar The Washington Post.

Mereka mencatat bahwa Federal Reserve pada Rabu (3/5/2023) menaikkan suku bunga untuk ke-10 kalinya hanya dalam waktu satu tahun, tetapi mundur dari pernyataan sebelumnya yang mengisyaratkan peningkatan di masa depan.

"Fed Menaikkan Suku Bunga per Quarter Point, Menandakan Potensi Jeda," kata The Wall Street Journal, menekankan informasi dasar bahwa keputusan tersebut menandai kenaikan suku bunga Fed yang kesepuluh berturut-turut yang ditujukan untuk memerangi inflasi dan akan membawa suku bunga acuan dana federal ke kisaran antara 5 persen hingga 5,25 persen, tertinggi dalam 16 tahun.

USA Today setuju dengan petunjuk jeda potensial, mengatakan dalam laporannya bahwa "bank sentral berhenti menyatakan bahwa suku bunga mungkin cukup tinggi untuk menurunkan inflasi tahunan ke target 2,0 persen Fed, seperti yang diantisipasi beberapa ekonom. Itu kemungkinan akan menjadi preferensi yang lebih tegas untuk jeda."

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement