Kamis 27 Apr 2023 14:13 WIB

Dokter Imbau Pemudik Periksa Kesehatan Sebelum Lakukan Perjalanan

Jika merasa kurang sehat, penumpang sebaiknya memeriksakan diri ke pos kesehatan.

Sejumlah kendaraan pemudik antre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama, Cikampek, Jawa Barat. (Ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Sejumlah kendaraan pemudik antre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama, Cikampek, Jawa Barat. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter konsultan di Pos Pelayanan Kesehatan Terminal Kampung Rambutan dr Muhammadiah mengimbau pemudik untuk memeriksakan kesehatannya sebelum melakukan perjalanan jauh di pos kesehatan terdekat.

"Kami sebagai tenaga kesehatan mengimbau kepada calon penumpang harus mengetahui bagaimana kondisi kesehatannya sebelum berangkat, jadi tentunya dengan adanya seperti ini (pos kesehatan) tentunya semakin mungkin buat calon penumpang bisa memeriksakan kesehatannya," ucap Muhammadiah saat ditemui di Terminal Kampung Rambutan, Kamis (27/4/2023).

Muhammadiah, yang sehari-hari berdinas di bidang kedokteran Polda Metro Jaya, mengatakan pemeriksaan kesehatan dilakukan guna mengetahui kondisi tubuh calon penumpang agar bisa melakukan perjalanan dalam kondisi sehat. Jika merasa kurang sehat, penumpang sebaiknya memeriksakan diri ke pos kesehatan terdekat atau di tempat peristirahatan yang ada di sekitar posko mudik yang dilewati dan bisa beristirahat.

Pos Pelayanan Kesehatan Terminal Kampung Rambutan, yang bekerja sama dengan PT Jasa Raharja, menyediakan pemeriksaan berupa tekanan darah, gula darah, kolesterol dan asam urat. Pemeriksaan secara gratis dilakukan tidak hanya untuk pemudik, namun, kepada seluruh pengunjung Terminal Kampung Rambutan.

"Pokoknya yang berada di lingkungan terminal ini baik petugas terminal sendiri, pospamnya dan calon penumpangnya," ucap Muhammadiah.

Dokter juga memberikan edukasi kesehatan kepada pengunjung yang memeriksakan diri ke pos kesehatan ini jika dari hasil pemeriksaan ada indikasi seperti kolesterol atau asam urat. Jika setelah pemeriksaan pemudik terindikasi memerlukan obat atau vitamin, dokter akan memberikan obat antara lain untuk menurunkan darah tinggi dan kolesterol.

"Kami selain memeriksa (pemudik) kalau ternyata dari hasil memang ada cenderung kolesterolnya tinggi, kami sudah siapkan obat-obatan juga. Jadi kami berikan saran masukan juga kepada mereka-mereka yang sudah berobat," kata Muhammadiah.

Pos Pelayanan Kesehatan ini sudah dibuka sejak H-3 Lebaran dan akan berakhir pada tanggal 28 April. Pengunjung Terminal Kampung Rambutan bisa memanfaatkan fasilitas ini dari pukul 09:00 hingga 12:00 Wib siang setiap hari.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement