Kamis 27 Apr 2023 13:56 WIB

Avrist Assurance Bukukan Laba Bersih Rp122 Miliar Tahun 2022

Laba bersih tahun 2022 tumbuh 8,75%

Simon Imanto, Presiden Direktur, PT Avrist Assurance,
Foto: istimewa
Simon Imanto, Presiden Direktur, PT Avrist Assurance,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Avrist Assurance (Avrist Assurance), perusahaan asuransi dengan visi untuk hadirkan satu polis untuk setiap rumah tangga di Indonesia, bukukan total revenue Rp1.456 Miliar sepanjang tahun 2022. Melonjak 20,36% YoY dibandingkan tahun 2021 (Rp1.210 Miliar). Laba bersih tahun 2022 juga tumbuh 8,75% menjadi Rp122 Miliar dibandingkan Rp112 Miliar di tahun 2021.

Ini adalah wujud nyata keberhasilan penerapan berbagai langkah strategis Perusahaan sepanjang tahun 2022, mulai dari akselerasi adaptasi asuransi digital, meningkatkan jumlah agen asuransi berkualitas dan berintegritas, mewujudkan komitmen untuk senantiasa mengedukasi masyarakat akan asuransi, serta mendorong seluruh kanal distribusi. 

Baca Juga

Kekuatan permodalan berbasis risiko per Desember 2022 Risk Based Capital (RBC) pun melonjak ke level 576,71% dari standar minimum Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yakni 120%. Menandakan tingkat likuiditas sehat dan kondisi keuangan prima.

Selain itu, hasil investasi juga turut berkontribusi secara positif bagi laba Perusahaan sebesar Rp604 Miliar, tumbuh 23,16% dibandingkan tahun 2021 sebesar Rp491 Miliar. Menandakan bahwa Perusahaan menempatkan instrumen investasi secara tepat. 

 

Kemudian, sepanjang tahun 2022, Perusahaan juga berhasil membayar klaim dan manfaat dengan senilai Rp 520 Miliar, turun sebanyak 24,26% dari tahun 2021 yang sebesar Rp686 Miliar. Dengan kinerja tersebut, maka pada tahun 2022, Avrist Assurance dianugerahi dengan rating AA- (idn) Stable dari Fitch Rating.

Simon Imanto, Presiden Direktur, PT Avrist Assurance, menegaskan, “Sepanjang tahun 2022, Avrist Assurance telah membuktikan komitmen untuk jadi teladan semangat kepeloporan yang merupakan bagian dari integritas Perusahaan. Selain menciptakan dan menawarkan produk dan layanan asuransi ke setiap rumah tangga, kami juga dorong kemudahan dan keterjangkauan akses asuransi, sembari giat menjalankan praktik yang menjunjung tinggi kesigapan dan kedisiplinan.”

Lebih lanjut, Simon memaparkan empat pilar langkah strategis yang akan ditempuh Perusahaan di tahun 2023, pengembangan dan pemberdayaan Sumber Daya Manusia, memperluas dan memperkuat kapabilitas distribusi, pengembangan dengan fokus pada kebutuhan pokok nasabah, pengelolaan bisnis cerdas. Empat pilar ini bertumpu pada nilai pokok koporasi, yaiti People Focus, Professional, Agile, Forward Thinking, dan Integrity. 

Menurut Ian Ferdinan Natapradja, Direktur Keuangan, PT Avrist Assurance, prestasi yang berhasil dicapai oleh Perusahaan merupakan motivator unggul untuk terus meningkatkan kinerja keuangan perusahaan. “Kami berhasil melakukan optimalisasi dan efektivitas dalam menggunakan biaya operasional, dan juga berhasil mengelola investasi dengan baik sehingga memberikan kontribusi yang sangat positif terhadap laba perusahaan.

Sedangkan dari sisi manajemen risiko, kami memperkuat analisis data dan melakukan pengawasan secara ketat terhadap risiko yang terkait dengan asuransi serta mendiversifikasi produk dengan mengembangkan produk asuransi baru atau memperluas produk asuransi yang telah ada. Semua ini berkontribusi dalam meningkatkan pendapatan perusahaan”.

Selama tahun 2022, Avrist memperoleh dua penghargaan dari Bisnis Indonesia dalam Bisnis Indonesia Financial Awards (BIFA) 2022, yakni “The Best Performance Insurance” untuk perusahaan asuransi aset di bawah Rp 25 Triliun dan “The Best CEO” untuk kategori asuransi.

Penghargaan “Best Insurance 2022” with Top Financial Performance and Providing Protection and Added Value to Customers juga menghampiri Avrist dalam acara Indonesia Best Insurance Awards (IBIA) 2022 yang dihelat Warta Ekonomi. Best Insurance 2022 ini diberikan bagi life insurance dengan total aset Rp 5-10 Triliun. 

Sederet pencapaian kinerja dan diiringi beberapa penghargaan tersebut membuktikan bahwa Avrist memiliki posisi keuangan yang sehat dan kuat. Sehingga hal ini menjadi pijakan yang solid dan merupakan momentum bagi Avrist untuk bertumbuh menjadi perusahaan asuransi terbaik di Indonesia.

Jos Chandra Irawan, Director of Business, PT Avrist Assurance, menekankan komitmen Perusahaan untuk jadi teladan dalam memastikan bahwa produk asuransi harus terjangkau dan mudah dimengerti. “Peluncuran dan pengenalan produk asuransi tidak hanya menjadi bagian dari upaya Perusahaan untuk memperluas jangkauan bisnis, tetapi juga opportunity untuk mengedukasi dan membuka cakrawala masyarakat akan pentingnya manfaat asuransi dalam berikan proteksi unggul bagi kesehatan, kesejahteraan, dan kondisi finansial di masa mendatang. Produk-produk yang diluncurkan oleh Avrist Assurance didesain secara khusus untuk memberikan manfaat relevan dengan kondisi dunia saat ini yang penuh dengan tantangan, sehingga manfaatnya pun riil dan bernilai.”

Pada tahun 2022, Untuk TOP 3 produk asuransi Avrist Assurance terlaris sepanjang 2022 adalah Avrist Prime Protection, Avrist Pasti dan Proteksi Prima Syariah (Bank Permata), dimana hal ini makin menguatkan posisi Avrist Assurance sebagai penyedia produk asuransi yang terpercaya oleh masyarakat dan keluarga Indonesia.

Selain itu, Avrist Assurance berhasil luncurkan produk asuransi yang secara tanggap menjawab tantangan yang dihadapi oleh rumah tangga Indonesia, yaitu Avrist Warisan 108, produk asuransi jiwa berjangka dari Avrist Syariah. Produk ini menyediakan perlindungan selama 108 tahun uuntuk ahli waris sesuai dengan hukum-hukum Syariah.

Kemudian pada tahun ini, Avrist Assurance akan menajamkan untuk fokus ke produk PAYDI yang sesuai dengan SE OJK 05/2022 dan Asuransi Pendidikan. Hal ini ditandai dengan rencana peluncuran produk Syariah Investa Optima Pro yang dipasarkan melalui bank OCBC. Selain itu, Avrist Assurance juga melakukan enhancement pada produk-produk existing agar lebih menjangkau seluruh lapisan masyarakat. 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement