Kamis 20 Apr 2023 14:29 WIB

Puncak Arus Mudik, Menteri ESDM Pastikan Distribusi BBM Lancar di Jawa Tengah

Stok BBM dipastikan aman terutama saat puncak arus mudik.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Friska Yolandha
Layanan pengisian BBM di jalur tol Trans Jawa di wilayah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Selasa (18/4). Seiring bertambahnya pergerakan pemudik ke wilayah Jawa Tengah konsumsi BBM jenis Gasoline di daerah ini juga mengalami lonjakan hingga 67 persen pada H-7 Lebaran 2023.
Foto: Dok republika
Layanan pengisian BBM di jalur tol Trans Jawa di wilayah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Selasa (18/4). Seiring bertambahnya pergerakan pemudik ke wilayah Jawa Tengah konsumsi BBM jenis Gasoline di daerah ini juga mengalami lonjakan hingga 67 persen pada H-7 Lebaran 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian ESDM terus memastikan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) aman serta distribusi berjalan lancar di wilayah Jawa Tengah selama puncak arus mudik Lebaran 2023. Kepastian ini didapat setelah Menteri ESDM Arifin Tasrif melakukan peninjauan di beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Semarang, Rabu (19/4/2023).

"Hari ini memasuki puncak arus mudik dan stok BBM dipastikan aman dan lancar di Jawa Bagian Tengah dan insya Allah siap (stok BBM)," kata Arifin lewat keterangan tertulisnya, Kamis (20/4/2023).

Baca Juga

Arifin menambahkan, stok BBM dipastikan aman terutama saat puncak arus mudik yang di prediksi pada tanggal 19-21 April 2023 dan puncak arus balik terjadi 2 (dua) kali yaitu pada 24 - 26 April 2023 dan 29 April-1 Mei 2023. Saat ini, Ketahanan stok nasional selama 15-66 hari sehingga stok nasional dalam kondisi aman selama periode lebaran 2023.

Satuan Tugas Ramadan dan Idulfitri (Satgas RAFI), sambung Arifin, terus mengoptimalkan infrastruktur untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan arus mudik saat pengisian BBM salah satunya dengan menyiapkan 12 SPBU modular atau Pertashop di sepanjang jalur tol Jawa Bagian Tengah.

"Kios-kios (pertashop) ini dibuka salah satunya untuk memecah kepadatan dan kemungkinan akan di evaluasi untuk dilakukan penambahan agar masyarakat lebih nyaman," tambah Arifin.

Menurutnya, pertashop berfungsi untuk memecah antrean kendaraan yang mengisi bahan bakar pada rest area besar.

Senada dengan Arifin, Dirut Pertamina Nicke Widyawati menyampaikan langkah lain untuk mengurai kepadatan arus mudik juga disediakan 91 unit motor pengiriman bahan bakar atau motorist dan 3 unit mobil pikap guna memenuhi kebutuhan bensin pemudik yang mengalami kekurangan di tengah jalan tol.

"Untuk memecah kepadatan, kita juga menyediakan motorist yakni untuk pemudik yang ditengah perjalanan belum sampe SPBU sudah membutuhkan tambahan BBM bisa menghubungi call center 135, share location dan motorist terdekat akan mengirimkan," jelas Nicke.

Sebagai informasi, mobilisasi masyarakat selama RAFI 2023 yang masuk ke Jawa Tengah diperkirakan sebesar 12,99 Juta orang (1,30 Juta Kendaraan) atau naik 13,38 persen dibandingkan RAFI 2022. Pergerakan tersebut meliputi sekitar 10,92 juta orang melalui jalur darat, 51,65 ribu orang menggunakan jalur udara/pesawat, serta 16,45 ribu orang menggunakan jalur laut/kapal.

Sementara proyeksi penjualan BBM dan LPG pada masa satgas RAFI 2023 regional Jawa Bagian Tengah diperkirakan Gasoline meningkat 29 persen dan Gasoil turun 1,5 persen terhadap sales normal, total LPG diperkirakan meningkat 4,1 persen, Avtur meningkat 5,1persen terhadap sales normal, Industri turun 37 persen terhadap sales normal. Di lain sisi, permintaan jndustri turun dikarenakan adanya pembatasan aturan perjalanan dan sebagian industri libur menjelang libur puasa dan lebaran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement