Jumat 14 Apr 2023 16:12 WIB

KAI Hadirkan Sejumlah Fasilitas Baru untuk Para Pemudik

KAI telah menghadirkan fasilitas Face Recognition Boarding Gate.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Calon penumpang melakukan scan wajah di Stasiun Yogyakarta, Senin (3/4/2023). PT Kereta Api Indonesia melakukan peningkatan layanan dengan menerapkan teknologi
Foto: ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah
Calon penumpang melakukan scan wajah di Stasiun Yogyakarta, Senin (3/4/2023). PT Kereta Api Indonesia melakukan peningkatan layanan dengan menerapkan teknologi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menawarkan sejumlah inovasi pada angkutan lebaran 2023. Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo berharap sejumlah fasilitas tambahan dapat meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. 

"KAI telah menghadirkan fasilitas Face Recognition Boarding Gate yaitu proses boarding mempergunakan gate yang teritegrasi dengan pemindaian wajah pelanggan, untuk peningkatkan kecepatan pelayanan dan akurasi pemeriksaan," ujar Didiek saat silaturahmi dengan media di Metropole XXI, Jakarta, Jumat (14/4/2023).

Baca Juga

Didiek menyebut sistem akan memvalidasi penumpang meliputi data diri, data tiket, status vaksin dan sudah terpasang di Stasiun Bandung, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, Malang, Solo Balapan.

Selain itu, lanjut Didiek, KAI juga menghadirkan fasilitas baru yaitu Drinking Water Station yang pada tahap awal hadir di tiga stasiun besar yaitu Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Surabaya Gubeng. Didiek menyampaikan Drinking Water Station merupakan kampanye ramah lingkungan dengan mengajak pelanggan membawa tumbler pribadi agar mengurangi sampah plastik. 

"Di samping itu, KAI juga me-redesign layanan pelanggan KA Luxury meliputi new luxury train service dan new lounge experience, yang mana terdapat perubahan flow dan peningkatan layanan pelanggan KA Luxury pada beberapa touch point mulai dari pra perjalanan, perjalanan, hingga purna perjalanan," sambung Didiek.

Didiek mengatakan KAI juga memperbaiki layanan Executive Lounge menjadi lebih nyaman dan berkelas untuk meningkatkan kepuasan pelanggan di 8 stasiun yakni Stasiun Gambir, Cirebon, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Semarang Tawang, Surabaya Pasarturi, dan Malang.

Dalam mengantisipasi lonjakan pemudik, Didiek menyampaikan perusahaan menyiagakan petugas frontliner ekstra seperti Customer Service Mobile (CSM) sebanyak 143 orang yang tersebar di 32 Stasiun dan 588 orang petugas kebersihan tambahan baik di stasiun dan atas kereta. 

Selama ramadhan, Didiek mengatakan KAI memberikan 34.400 paket takjil yang berisi roti, air mineral, dan kurma kepada pelanggan pada 12 April sampai dengan 21 April 2023 di 21 stasiun besar. Tak hanya itu, KAI juga menghadirkan Pojok Baca dengan 1.905 buku bacaan anak yang tersedia di Stasiun Pasar Senen, Cirebon, Semarang Tawang, Solo Balapan, dan Surabaya Gubeng. 

"Untuk menghadirkan angkutan mudik lebaran yang lebih berkesan, KAI juga memberikan doorprize serta menghadirkan hiasan tematik di stasiun dan kereta api pada masa Angkutan Lebaran 2023. KAI berharap perjalanan mudik dengan kereta api berjalan dengan aman, nyaman, dan sehat," kata Didiek.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement