Sabtu 22 Apr 2023 12:10 WIB

Kurang Angin Hingga Cara Mengemudi yang Buruk Jadi Penyebab Ban Berdecit

Meskipun normal terjadi, ban berdecit juga dapat menjadi indikasi adanya masalah.

Pengemudi sedang menyetir mobilnya (ilustrasi). Meskipun normal terjadi, ban berdecit juga dapat menjadi indikasi adanya masalah.
Foto:

Roda yang tidak sejajar

Jika salah satu komponen dari camber dan toe tidak sejajar, ban akan mengalami keausan tidak merata dan menyentuh permukaan jalan dengan posisi yang salah. Perlu diingat juga bahwa penyelarasan roda berbeda dengan penyeimbangan ban.

Penyelarasan roda akan mempengaruhi posisi suspensi, sementara penyeimbangan ban dilakukan dengan distribusi bobot di dalam ban.

Kerusakan sabuk mesin (fan belt)

Sabuk mesin yang rusak dapat ditandai dengan suara decit ban saat berbelok seiring dengan kecepatan yang meningkat. Kondisi ini juga menjadi salah satu penyebab kerusakan pompa power steering, yang ditandai dengan setir yang terasa berat saat dikemudikan.

Kebiasaan mengemudi yang buruk

Cara mengemudi yang buruk juga bisa menyebabkan ban berdecit. Pastikan untuk menghindari akselerasi dan pengereman mendadak sebab membuat karet ban menjadi kikis dan menyebabkan keausan.

Ketika melewati tikungan, pengemudi disarankan untuk tidak mengemudikan mobil dengan kecepatan tinggi. Perbedaan antara ban dan titik arah mobil akan menghasilkan suara berdecit dan suhu juga meningkat dengan cepat, yang bisa menyebabkan ban menua sebelum waktunya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement