Selasa 11 Apr 2023 10:22 WIB

Jelang Lebaran, Menkop Luncurkan Pasar Kaget Ramadhan Smesco 2023

Kegiatan yang digelar pada 10-15 April 2023 itu melibatkan 100 UMKM.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Ahmad Fikri Noor
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki membuka Pasar Kaget Ramadhan di Smesco Indonesia, Jakarta, Senin (10/4/2023).
Foto: Republiika/Iit Septyaningsih
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki membuka Pasar Kaget Ramadhan di Smesco Indonesia, Jakarta, Senin (10/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meluncurkan Pasar Kaget Ramadhan Smesco 2023 di Smesco, Jakarta. Kegiatan yang digelar pada 10-15 April 2023 itu melibatkan 60 stan yang diikuti 100 lebih Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

"Diselenggarakannya Pasar Kaget Ramadhan Smesco 2023 ini diharapkan bisa menjadi ajang promosi dan pemasaran produk UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Hal itu dalam memenuhi kebutuhan masyarakat," tutur Teten saat membuka langsung Pasar Kaget di Jakarta, Senin (10/4/2023).

Baca Juga

Dengan memanfaatkan lahan luas di samping Gedung Smesco, Teten meminta potensi ini terus diutilisasi supaya ada ruang bagi pelaku UMKM memasarkan produknya. Maka dalam jangka panjang, lanjutnya, Smesco dapat menjadi garda terdepan bagi UMKM.

"Saya optimistis kita bisa terus meningkatkan omzet UMKM dengan mendekatkannya ke pasar seperti yang kita lakukan di bazar ini," jelasnya.

Teten menegaskan, Smesco harus menjadi ekosistem pengembangan UMKM. Ia pun berharap, Bazar Ramadhan bisa membantu UMKM menaikkan omzetnya sepanjang bulan puasa.

Dalam kesempatan sama, Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata menjelaskan, Smesco telah berkolaborasi dengan Skyeats dalam membangun dapur bersama bagi pelaku UKM di bidang makanan dan minuman. Dapur bersama yang dibangun tersebut menjadi bentuk dukungan Smesco dalam memanfaatkan teknologi di bidang makanan dan minuman melalui mesin Retort.

Retort merupakan mesin untuk memproses sterilisasi makanan yang memungkinkan produk makanan bisa disimpan pada suhu ruang hingga 12 bulan. "Jadi para pelaku UKM Food and Beverage peserta bazar Ramadhan ini bisa memanfaatkan dapur bersama untuk membuat produk yang saat ini dipasarkan bisa bertahan atau awet hingga 12 bulan pada suhu ruang," tutur dia.

Melalui kehadiran dapur bersama, kata Leonard, UKM dapat menerima margin tambahan hingga 20 persen dengan menekan biaya operasional produksi dan pemasaran. Lewat mesin Retort, sambungnya, menghasilkan produk makanan untuk satu bulan, dapat dilakukan dalam dua hingga tiga hari saja. 

"Artinya, UKM dapat menghemat biaya produksi. Itu membayar sewa tempat produksi selama tiga hari dan membayar pegawai yang saat ini bisa berbasis harian," jelas Leonard.

Sebagai informasi, selain di Smesco, pelaksanaan bazar Ramadhan juga diselenggarakan di Masjid At Thohir, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat, mulai 1-16 April 2023. Bazar itu melibatkan 19 UKM makanan dan minuman serta enam UKM fashion. 

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga menjadi salah satu lokasi pelaksanaan Smesco Bazaar Ramadhan. Kegiatan dilaksanakan mulai 24 hingga 27 April 2023, melibatkan 20 UKM makanan minuman, 10 UKM kerajinan, dan 10 UKM fashion

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement