Jumat 21 Apr 2023 09:05 WIB

Bijak Kelola THR untuk Generasi Sandwich

Sebanyak 60 persen responden menyatakan akan menggunakan THR untuk berbelanja.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Dana THR harus dikelola dengan baik, agar tidak menjadi bumerang di kemudian hari. (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Dana THR harus dikelola dengan baik, agar tidak menjadi bumerang di kemudian hari. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berdasarkan Survei Snapcart tentang rencana penggunaan Tunjangan Hari Raya (THR), sebanyak 60 persen responden menyatakan akan menggunakan THR untuk berbelanja. Khusus untuk generasi sandwich tentu perlu trik tersendiri agar dana THR dapat dikelola dengan optimal.

Dalam keterangan tertulisnya, Astra Life berbagi bahwa dana THR harus dikelola dengan baik, agar tidak menjadi bumerang di kemudian hari. Pengelolaan dana THR yang tepat dapat membantu generasi sandwich memiliki perencanaan keuangan yang baik dalam mencapai tujuan finansial.

Baca Juga

Berikut hal-hal yang perlu dilakukan generasi sandwich  dalam mengelola THR :

1. Libatkan keluarga dalam perencanaan alokasi dana THR.

Saat menerima THR, ciptakan kesempatan diskusi tentang alokasi dana, sertakan catatan keuangan yang merincikan tujuan penggunaan dana THR dengan pasangan dan keluarga. Dana THR sebaiknya tidak digabung dengan gaji bulanan agar bisa dialokasikan dengan optimal. Dengan rincian alokasi ini, Anda bisa dengan mudah menentukan prioritas penggunaan THR, sehingga manfaatnya dapat semakin terasa meringankan beban dan kebutuhan finansial.

 

2. Berbagi dengan sesama dan mengirim bingkisan untuk orang terkasih.

THR juga bisa dialokasikan untuk berbagi, misalnya melalui sedekah dan zakat dengan besaran 2,5 persen hingga 5 persen. Selain itu, berbagi dengan orang-orang terkasih di momen Idul Fitri juga bisa dilakukan dengan mengirim bingkisan sebagai pengganti silahturahmi yang masih cukup terbatas.

 

3. Simpan dan “ternakkan” dana THR.

Agar tetap awet, dana THR juga bisa disimpan dalam bentuk tabungan maupun investasi. Melalui investasi, Anda dapat merasakan manfaatnya di kemudian hari. Produk investasi bisa menyesuaikan dengan profil risiko dan tujuan investasi yang Anda miliki. Selain itu, dana THR juga dapat dialokasikan untuk instrumen warisan.

Jika generasi orang tua umumnya menyiapkan warisan berupa harta benda, kini, generasi sandwich bisa menyiapkan warisan berupa asuransi jiwa yang akan membawa keuntungan bagi orang tua maupun anak. Misalnya, sisihkan dana Rp 1 juta per bulan untuk membayar premi, maka Uang Pertanggungan yang bisa didapatkan bisa mencapai Rp 1 miliar atau bahkan lebih, tergantung pada produk asuransi pilihan masing-masing.

 

4. Boleh belanja, tapi ukur kemampuan finansial.

Tidak ada larangan untuk menggunakan dana THR demi keperluan konsumtif yang biasanya dilakukan para milenial, seperti membeli baju baru, nongkrong di kafe kekinian, atau pergi berlibur. Namun, semua pengeluaran tersebut perlu diperhitungan dengan bijak. Pastikan semua daftar pengeluaran dan kewajiban telah terpenuhi terlebih dahulu. Selain itu, dana THR juga bisa disisihkan untuk kewajiban tahunan yang pasti, seperti biaya pajak rumah atau kendaraan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement