Kamis 30 Mar 2023 15:23 WIB

Layanan Drive Thru Penukaran Uang BI Jatim Utamakan Pemesanan Via Aplikasi

Layanan penukaran uang drive thru digelar setiap Sabtu dan Ahad hingga 16 April.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Friska Yolandha
Warga menukarkan uang tunai baru di layanan kas keliling  Bank Indonesia di kawasan Pasar Tebet Barat, Jakarta, Selasa (28/3/2023).  Bank Indonesia (BI) menyediakan layanan penukaran uang baru di 5.066 titik di seluruh Indonesia dengan total persediaan uang Rp195 triliun guna memenuhi kebutuhan masyarakat saat Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Warga menukarkan uang tunai baru di layanan kas keliling Bank Indonesia di kawasan Pasar Tebet Barat, Jakarta, Selasa (28/3/2023). Bank Indonesia (BI) menyediakan layanan penukaran uang baru di 5.066 titik di seluruh Indonesia dengan total persediaan uang Rp195 triliun guna memenuhi kebutuhan masyarakat saat Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Jimur (KPw BI Jatim) telah meluncurkan sejumlah layanan penukaran uang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat Ramadhan hingga lebaran Idul Fitri 2023. Di antaranya layanan penukaran uang tanpa turun dari kendaraan atau drive thru, yang diselenggarakan di halaman KPw BI Jatim setiap Sabtu dan Ahad mulai 25 Maret hingga 16 April 2023.

"Layanan ini telah dilaksanakan perdana pada 25 dan 26 Maret 2023 dengan antusiasme yang sangat besar dari masyarakat. Kuota penukaran sebanyak 2.000 paket per hari terserap sepenuhnya pada layanan minggu pertama tersebut," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Budi Hanoto, Kamis (30/3/2023).

Baca Juga

Merespon tingginya antusiasme masyarakat terhadap layanan drive thru tersebut, BI Jatim berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan penukaran uang agar masyarakat dapat menukar dengan nyaman, aman, serta mendapat kepastian. Berdasarkan evaluasi pekan pertama, BI Jatim pun memutuskan untuk menyesuaikan mekanisme layanan drive thru penukaran uang pada periode 1 dan 2 April 2023, serta minggu-minggu berikutnya.

Dimana BI Jatim lebih mengutamakan calon penukar layanan drive thru yang telah melakukan pemesanan lewat aplikasi PINTAR dengan alamat https://pintar.bi.go.id. Kuota yang disediakan untui pemesan lewat aplikasi PINTAR tersebut mencapai 75 persen dari total layanan yang disediakan per hari.

Budi menjelaskan, pemesanan melalui aplikasi PINTAR dapat dilakukan H-2 dari tanggal layanan drive thru di setiap minggunya sepanjang kuota masih tersedia. Ia mencontohkan, untuk layanan drive thru penukaran uang pada 1 April 2023, pemesanan melalui aplikasi PINTAR baru dapat diakses pada Kamis, 30 Maret 2023 pukul 09.00 WIB.

Budi melanjutkan, pada waktu yang sudah dipilih, penukar melalui aplikasi PINTAR dapat datang ke lokasi penukaran dengan membawa print out atau hasil tangkap layar bukti pemesanan disertai dengan KTP asli penukar. Dalam hal penukar menerima titipan dari penukar lain, dibatasi maksimaltiga bukti pemesanan dan dapat menunjukkan KTP asli penukar yang menitip.

Bagi masyarakat yang tidak memperoleh kuota penukaran melalui aplikasi PINTAR, tetap akan dilayani namun dengan kuota penukaran yang terbatas, atau mencoba pemesanan untuk periode minggu berikutnya. Melihat tingginya antusiasme masyarakat, BI Jatim pun menambah kuota penukaran hingga 25 persen, yakni menjadi 2.500 penukar per hari. Layanan drive thru penukaran uang BI Jatim juga menerima penukaran baik secara tunai maupun non tunai menggunakan QRIS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement