Selasa 28 Mar 2023 05:37 WIB

Sri Mulyani Buka Suara Soal Viral Alphard Masuk Apron Bandara Soetta

Fasilitas tersebut diberikan kepada Menteri Keuangan sekaligus mengontrol Bea Cukai.

Rep: Novita Intan/ Red: Lida Puspaningtyas
Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menuju mobil Alphard di apron Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Provinsi Banten.
Foto: Istimewa
Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menuju mobil Alphard di apron Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Provinsi Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beredar foto mobil Toyota Alphard masuk area parkir pesawat Bandara Soekarno Hatta melalui media sosial. Belakang diketahui mobil tersebut merupakan kendaraan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Menanggapi hal yang sedang viral tersebut, Sri Mulyani buka suara mengenai Toyota Alphard dan mobil dinas Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan. Dia mengakui Alphard itu mengangkut dirinya dan rombongan.

Baca Juga

"Itu adalah protokol yang selama ini diberikan kepada saya dan kalau saya di Cengkareng biasanya memang sengaja ke kantor Bea Cukai, sekaligus menanyakan anak buah hari ini bagaimana," ujarnya, Senin (27/3/2023).

Toyota Alphard berwarna hitam miliknya masuk ke area parkir pesawat Bandara Soekarno-Hatta pada 22 Maret 2023. Selain itu, menurut Sri Mulyani kebiasaan itu dilakukan untuk mengetahui update kantor Bea Cukai setempat, termasuk apa saja barang tegahan yang diamankan pada hari itu.

 

Dia juga menegaskan hal tersebut dilakukan sebagai kebiasaan sebagai pimpinan Kementerian Keuangan. "Bedanya yang lain tidak melakukan itu (Alphard masuk apron) karena ada tempat sendiri," ucapnya.

Sri Mulyani pun membandingkan dirinya dengan pejabat lain yang menggunakan fasilitas serupa. Dia menegaskan fasilitas yang diberikan PT Angkasa Pura II (Persero) merupakan bagian dari tugasnya untuk mengunjungi kantor Bea Cukai.

"Bedanya kalau yang lain tidak melakukan itu karena ada tempat tersendiri kalau saya karena Bea Cukai di bawah Kementerian Keuangan. Jadi saya melakukan sekaligus merupakan kesempatan buat saya berdiskusi ngecek dengan kepala kantor wilayahnya," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement