Senin 27 Mar 2023 12:27 WIB

BI Siapkan Rp 28,1 Triliun untuk Kebutuhan Lebaran di Jateng-DIY

Kebutuhan uang tunai selama Lebaran di DIY meningkat 11 persen.

Bank Indonesia (BI) menyiapkan uang kartal sebesar Rp 28,1 triliun untuk kebutuhan masyarakat di wilayah Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama periode Ramadhan dan Lebaran/Idul Fitri 1444 Hijriah.
Foto:

Untuk program Serambi, Rahmat mengatakan pihaknya bekerja sama dengan 10 perbankan untuk melayani penukaran uang rupiah di halaman Kantor Perwakilan Wilayah BI Jateng, Semarang. "Layanan penukaran uang di sini kami buka mulai sekarang sampai 18 April 2023. Ini di luar perbankan yang sudah bekerja sama dengan kami setiap tahun untuk membuka layanan penukaran uang bagi masyarakat," katanya.

Rahmat menyebutkan saat ini ada 52 perbankan yang sudah bekerja sama bersama BI Perwakilan Jateng dengan membuka 114 titik pelayanan penukaran uang di wilayah Semarang dan sekitarnya.

Untuk setiap orang yang menukarkan uang ke pecahan kecil dibatasi maksimal Rp 3,8 juta, masing-masing terdiri atas pecahan Rp 20 ribu, Rp 10 ribu, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000.

 

"Selain dari tunai ke tunai, dari edar menjadi layak edar, kami juga melakukan penukaran nontunai ke tunai menggunakan QRIS dan mesin EDC (Electronic Data Capture) yang ada di mobil perbankan yang ikut di sini," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement