Selasa 21 Mar 2023 21:19 WIB

BI Sumbar Sediakan Rp 3,2 Triliun untuk Ramadhan dan Idul Fitri

BI akan menyiapkan 196 titik penukaran uang pada Ramadhan dan Idul Fitri 2023 ini

Rep: Febrian Fachri/ Red: Gita Amanda
Seorang warga menukar uang kertas baru, (ilustrasi).  Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumatra Barat, menyediakan uang tunai sebesar Rp 3,2 triliun untuk diedarkan kepada masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri 1444 Hijriyah.
Foto: ANTARA/Harviyan Perdana Putra
Seorang warga menukar uang kertas baru, (ilustrasi). Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumatra Barat, menyediakan uang tunai sebesar Rp 3,2 triliun untuk diedarkan kepada masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri 1444 Hijriyah.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumatra Barat, menyediakan uang tunai sebesar Rp 3,2 triliun untuk diedarkan kepada masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri 1444 Hijriyah. Kepala Kantor Perwakilan BI Sumbar, Endang Kurnia, mengatakan jumlah tersebut turun dibandingkan tahun 2022 lalu di mana BI Sumbar mengedarkan Rp 3,939 triliun.

"Angka ini turun 20,9 persen dibandingkan Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H lalu," kata Endang, Selasa (21/3/2023).

Baca Juga

Endang menyebutkan BI akan menyiapkan 196 titik penukaran uang pada Ramadhan dan Idul Fitri 2023 ini. Titik tersebut tersebar di jaringan kantor bank umum dan BPR di seluruh kabupaten kota di Sumatra Barat.

Menurut Endang, penukaran uang kertas baru ini sudah dapat dilakukan mulai hari ini. Layanan kas kata dia akan dilakukan setiap hari termasuk hari libur.

"Bersinergi dengan perbankan, Bank Indonesia Sumatra Barat berupaya memberikan layanan untuk memfasilitasi penukaran uang rupiah di masyarakat dalam jumlah yang cukup khususnya selama periode Ramadhan dan Idul Fitri," ucap Endang.

Selama bulan Ramadhan tahun 2023 ini, BI Sumbar kata Endang akan melakukan layanan kas keliling bersama dalam kota sebanyak 20 kali dan penukaran bersama bank dalam kota di BI Muaro sebanyak 4 kali.

Khusus untuk layanan penukaran di kas keliling, masyarakat diharapkan dapat memesan penukaran terlebih dahulu melalui aplikasi BI PINTAR. Bank Indonesia Sumatera Barat juga melakukan layanan kas keliling dan edukasi Cinta, Bangga dan Paham Rupiah di luar kota dengan berkolaborasi dan bersinergi bersama bank di luar Kota Padang yang berlokasi di delapan titik lokasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement