Rabu 15 Mar 2023 13:29 WIB

Airlangga: UMKM Dukung Perekonomian RI Semakin Resilien

Sejumlah indikator pada sektor riil dan eksternal juga menunjukkan prospek positif.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Friska Yolandha
Pengunjung mengamati bermacam produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Galeri Patrakomala Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kota Bandung, Jalan Jakarta, Jumat (10/3/2023). Menghadapi gejolak ketidakpastian perekonomian global, Indonesia kian menunjukkan resiliensi melalui capaian impresif pertumbuhan ekonomi yang menyentuh angka 5,31 persen (yoy) pada 2022.
Foto:

Airlangga juga menuturkan, untuk menjaga momentum pemulihan ekonomi tersebut diperlukan adanya penguatan pada sektor UMKM yang telah menyumbang sekitar 61 persen terhadap Produk PDB, menyerap 97 persen terhadap tenaga kerja, serta terbukti resilien dalam menghadapi krisis.

"Kontribusi daripada Kredit Usaha Rakyat terhadap ekspansi kredit tahun lalu diperkirakan sekitar Rp 600 triliun atau lebih dari 50 persen itu dari KUR. Ini membuktikan sektor UMKM itu memiliki resiliensi tinggi," tegas Airlangga.

 

Pemerintah telah memberikan dukungan pembiayaan bagi UMKKM melalui Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan pada tahun 2023 sebesar Rp 450 triliun yang disertai dengan penambahan target debitur baru paling sedikit 1,76 juta debitur dan target debitur graduasi penyaluran KUR paling sedikit 2,36 juta debitur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement