Sabtu 11 Mar 2023 13:25 WIB

AS-UE akan Bicarakan Mineral Penting di Tengah Ketegangan Perdagangan

Pertemuannya sepakat untuk segera memulai negosiasi terkait perjanjian mineral.

Presiden Joe Biden bertemu dengan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen di Oval Office Gedung Putih di Washington, Jumat, 10 Maret 2023.
Foto:

"Kami bukan hanya mitra, Uni Eropa dan Amerika Serikat adalah teman baik," kata von der Leyen, menyoroti dukungan AS untuk Eropa dalam menemukan pasokan energi alternatif sehingga anggota UE dapat mengurangi ketergantungan mereka pada pasokan Rusia.

"Kami mendukung keamanan energi Eropa," kata Biden. "Dan pada saat yang sama, kami mendorong investasi baru untuk menciptakan industri dan pekerjaan energi bersih, dan memastikan kami memiliki rantai pasokan yang tersedia untuk kedua benua kami."

Komisi Eropa bulan lalu mempresentasikan Rencana Industri Green Deal sebagai tanggapan terhadap undang-undang IRA AS, dengan peningkatan tingkat bantuan negara untuk membantu Eropa bersaing sebagai pusat manufaktur untuk produk teknologi bersih.

Biden mengatakan gagasan untuk mendorong investasi dan mengamankan rantai pasokan mendukung kedua langkah tersebut.

Jake Colvin, presiden Dewan Perdagangan Luar Negeri Nasional, sebuah kelompok lobi perusahaan, mendesak Gedung Putih untuk meningkatkan kekhawatiran industri AS tentang apa yang disebutnya sebagai "agenda kedaulatan digital diskriminatif" yang ditujukan untuk merongrong perusahaan AS.

 

"Lapangan permainan transatlantik yang setara sangat penting tetapi itu harus berjalan dua arah, katanya. Gedung Putih perlu meningkatkan dan menggarisbawahi perlunya perusahaan-perusahaan Amerika diatur dengan cara yang sama seperti rekan-rekan Eropa mereka ketika beroperasi di sisi lain Atlantik."

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement