Ahad 21 Apr 2024 20:10 WIB

PLN Icon Plus Uji Coba Perjalanan Kendaraan Listrik Jakarta-Mandalika

Uji coba ini jajal kesiapan kendaraan listrik dalam menempuh perjalanan jarak jauh.

Seorang pria memasukkan uang koin Rp500 untuk mengisi daya baterai sepeda motor listriknya di SPKLU Charger kendaraan dengan koin listrik (Cak Kolis) di Mataram, NTB, Senin (5/12/2022).
Foto: ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Seorang pria memasukkan uang koin Rp500 untuk mengisi daya baterai sepeda motor listriknya di SPKLU Charger kendaraan dengan koin listrik (Cak Kolis) di Mataram, NTB, Senin (5/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PLN Icon Plus mengadakan perjalanan kendaraan listrik bertajuk "EV Journey" dari Jakarta menuju Mandalika untuk mengujicobakan kesiapan kendaraan listrik dalam menempuh perjalanan jarak jauh.

"Perjalanan ini merupakan manifestasi nyata dari kesiapan dan keandalan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, khususnya dalam mendukung perjalanan jarak jauh," kata Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi di Jakarta, Ahad (21/4/2024).

Baca Juga

Perjalanan ini menempuh jarak sekitar 1.375 kilometer dengan melibatkan 27 peserta yang menggunakan sembilan mobil listrik dari enam merek berbeda, seperti Neta, Chery, Wuling, Hyundai, MG dan BYD. Para peserta akan melewati tujuh check point dan 75 titik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di sepanjang rute perjalanan.

Perjalanan dimulai dari Kantor PLN Icon Plus di Mampang Jakarta dan melintasi beberapa kota besar seperti Surabaya dan Banyuwangi, sebelum memasuki wilayah Bali hingga akhirnya tiba di Mandalika Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Inisiatif ini merupakan bagian dari kolaborasi antar agen tunggal pemegang merek (ATPM) kendaraan listrik di Indonesia, menunjukkan komitmen bersama dalam membangun ekosistem kendaraan listrik yang andal.

Kegiatan EV Journey ini merupakan salah satu upaya PLN Icon Plus membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Ini sekaligus menegaskan bahwa infrastruktur pendukung telah siap untuk mendorong masyarakat beralih ke energi hijau.

"Kami juga berkomitmen untuk mempermudah pengguna dengan dukungan fitur di aplikasi PLN Mobile yang dapat mengecek lokasi SPKLU terdekat, mendukung transformasi energi hijau yang berkelanjutan," ujar Ari.

Ari menambahkan, PLN Icon Plus juga terus membuka kesempatan berkolaborasi dengan berbagai mitra untuk pengembangan ekosistem kendaraan listrik.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement