Rabu 08 Mar 2023 16:44 WIB

Honda All New CR-V Hybrid Diluncurkan di Thailand, Kapan di Indonesia?

Powertrain dalam model Honda CR-V hybrid mirip dengan Civic e:HEV.

Honda menampilkan CR-V Hybrid dalam GIIAS 2022 sebagai langkah menuju elektrifikasi. Foto ilustrasi
Foto: Republika/eric
Honda menampilkan CR-V Hybrid dalam GIIAS 2022 sebagai langkah menuju elektrifikasi. Foto ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Honda Thailand telah mengumumkan bahwa Honda CR-V generasi keenam akan memulai debutnya di Thailand pada 22 Maret 2023 di gelaran Bangkok International Motorshow (BIMS) 2023.

Seperti diwartakan oleh paultan.org pada Selasa (7/3/2023), terdapat dua pilihan powertrain yang akan tersedia untuk SUV tersebut, yakni spesifikasi RS e:HEV hybrid dengan mesin 2.0 liter dan varian bensin VTEC Turbo 1,5 liter, dengan penggerak roda depan dan opsi All Wheel Drive yang ditawarkan.

Baca Juga

Powertrain dalam model CR-V e:HEV mirip dengan Civic e:HEV, dengan mesin empat silinder siklus Atkinson 2.0 liter dan e-CVT yang bekerja dengan dua motor listrik menghasilkan total output sistem 204 hp (207 PS) dan 371 Nm dari 0-2.000 rpm.



SUV ini akan dilengkapi velg 19 inci, lampu depan LED dengan lensa proyektor high beam, lampu kabut depan LED, grill depan hitam mengkilap dengan emblem RS, serta side skirts pada bumper depan, belakang hingga samping sewarna body. Begitu pun penutup spion samping juga akan sama warna dengan bodi.

Sedangkan untuk model 1.5 Turbo, tidak ada perubahan pada output, dengan empat pot yang dapat dipacu hingga 190 hp (atau 193 PS) pada 6.000 rpm dan 242 Nm dari 1.700 hingga 5.000 rpm, dengan satu-satunya perubahan adalah putaran pada output maksimum dibandingkan dengan generasi kelima.

Spesifikasi standar untuk Turbo termasuk velg 18 inci, ujung knalpot ganda, sistem keamanan Honda Sensing, dan tampilan kamera semua sudut.



Fitur kamera blind spot LaneWatch tetap dipertahankan, dan versi Turbo diberi warna hitam untuk sisipan bawah bumper depan, belakang dan, sampingnya.

CR-V baru ini adalah salah satu kendaraan besar yang diminati konsumen. Dimensinya berukuran panjang 4.694 mm, lebar 1.864 mm dan tinggi 1.681 mm dengan jarak sumbu roda 2.700 mm. Model baru ini lebih panjang 69 mm, 10 mm lebih lebar dan delapan mm lebih rendah dari pendahulunya. Ini juga memiliki jarak sumbu roda 40 mm lebih panjang.

Kapan CR-V hybrid generasi keenam ini akan diboyong ke Indonesia? Dalam berbagai kesempatan Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy menyatakan belum bisa memastikan CR-V hybrid diperkenalkan untuk konsumen di Indonesia.

Walaupun demikian dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 Agustus tahun lalu, HPM membawa dua mobil hybrid andalannya yang punya pasar bagus secara global. Dua mobil anyar Honda tersebut dipajang di panggung utama booth HPM adalah Honda Accord e:HEV yang dipasarkan di Thailand dan CR-V e:HEV yang mengaspal di Jepang.



Public Relation & Digital Senior Manager Honda Prospect Motor Yulian Karfili mengatakan soal elektrifikasi, Yulian mengungkapkan HPM berencana untuk mencapai 100 persen elektrifikasi di dunia pada tahun 2040. Sedangkan untuk di Indonesia, HPM akan mulai mengenalkan beberapa produk hybrid. "Pada tahun depan, Honda akan mulai memasarkan dua model hybrid di Indonesia dan disusul dengan lebih banyak model elektrifikasi lainnya bahkan yang diproduksi secara lokal," ungkap Yulian.

 

 

sumber : Antara/firkah fansuri
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement