Sabtu 04 Mar 2023 10:25 WIB

Pabrik Baterai Mobil Listrik Honda dan LG Mulai Dibangun

Pabrik baterai mobil listrik ini menelan investasi 4,4 miliar dolar AS.

Seremoni peletakan batu pertama dimulainya pembangunan pabrik baterai listrik di Ohio, Amerika Serikat.
Foto: Honda
Seremoni peletakan batu pertama dimulainya pembangunan pabrik baterai listrik di Ohio, Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Honda Motor Co, Ltd (Honda) dan LG Energy Solution menggelar acara seremoni peletakan batu pertama untuk memulai pembangunan pabrik baterai mobil listrik di Ohio, Amerika Serikat. Pabrik ini dibangun dengan tujuan untuk mendukung rencana Honda untuk memproduksi baterai lithium-ion berteknologi canggih di kendaraan listriknya (EV) di kawasan Amerika Utara.

 

Baca Juga

Pabrik baterai ini akan mempunyai luas sebesar 186.000 m2 dan mulai dibangun pada bulan Maret 2023 ini dan direncanakan akan selesai dibangun pada akhir tahun 2024. Pabrik ini akan menciptakan 2.200 pekerja dengan target kapasitas per tahun sebesar 40Gwh. 

 

Honda dan LG sebelumnya telah mengumumkan kerja sama pada kuartal ketiga tahun 2022 lalu dengan total investasi senilai 4,4 miliar dolar AS.

 

Seremoni dimulainya pembangunan pabrik tersebut dihadiri oleh Toshihiro Mibe selaku President and CEO Honda Motor Co, Ltd., Dong-Myung Kim selaku President and Head of the Advanced Automotive Battery Division of LG Energy Solution, Mike DeWine selaku Gubernur Ohio, dan Jon Husted sebagai Letnan Gubernur serta pejabat masyarakat setempat.

 

Leaders of Joint Venture Company Robert H mengatakan merupakan suatu kehormatan untuk mewakili dua perusahaan besar, Honda dan LG Energy Solution, keduanya memiliki sejarah kesuksesan yang panjang dan membanggakan.  “Kami sangat antusias untuk memulai kemitraan ini dengan Honda, pemimpin dalam industri otomotif global dengan reputasi kualitas dan kehandalan. Kami yakin perusahaan ini akan menjadi pabrik baterai paling sukses di dunia,” katanya dalam keterangan Honda, Jumat (3/3/2023).

 

Honda telah menyampaikan rencana globalnya untuk meluncurkan hingga 30 mobil berbasis listrik pada tahun 2030, dengan volume produksi mencapai 2 juta unit setiap tahunnya. Selain itu, Honda juga berusaha mewujudkan netralitas karbon untuk semua lini produk serta aktivitas perusahaannya pada tahun 2050.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement