Rabu 08 Mar 2023 16:11 WIB

Pengamat Sarankan Manajemen Pengendalian Harga Pangan Selama Ramadhan

Sejumlah komoditas selalu mengalami kenaikan setiap Ramadhan.

Warga berjalan di dekat kios sayuran di Pasar Kosambi, Kota Bandung, Rabu (21/12/2022). Pengamat ekonomi Handi Risza Idris dari Universitas Paramadina menyarankan perlunya manajemen pengendalian harga pangan selama Bulan Ramadhan.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Warga berjalan di dekat kios sayuran di Pasar Kosambi, Kota Bandung, Rabu (21/12/2022). Pengamat ekonomi Handi Risza Idris dari Universitas Paramadina menyarankan perlunya manajemen pengendalian harga pangan selama Bulan Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat ekonomi Handi Risza Idris dari Universitas Paramadina menyarankan perlunya manajemen pengendalian harga pangan selama Bulan Ramadhan. Hal itu bertujuan agar tidak terjadi fluktuasi harga selama Ramadhan.

"Kita menyarankan beberapa manajemen pengendalian harga pangan yang bisa kita lakukan," ujar Handi dalam seminar daring di Jakarta, Rabu (8/3/2023).

Baca Juga

Pertama, beberapa bahan kebutuhan pokok yang menjadi tren kenaikan selama beberapa tahun terakhir dapat dipertebal pasokannya. Menurut dia, kalaupun harus melakukan impor maka hanya sebatas untuk mendukung atau backup saja, jangan sampai menjadi acuan utama sehingga merugikan petani Indonesia.

Kedua, pemerintah saat ini membuat kebijakan mengalokasikan dana transfer umum sebanyak dua persen dalam APBD sebagai insentif untuk kebutuhan pangan. Hal itu bisa melalui bantuan sosial dan insentif bagi transportasi yang perlu didorong agar dapat terealisasi dengan baik di daerah sehingga stabilisasi harga terwujud dengan baik.

"Jika hal ini bisa diefektifkan maka saya rasa itu bisa meredam dampak inflasi di daerah-daerah," kata Handi.

Kemudian koordinasi para pemangku kepentingan dalam bentuk kerja Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) perlu dioptimalkan. Langkah membentuk gugus tugas atau sales motorist guna memaksimalkan proses distribusi produk kebutuhan selama Ramadhan, dengan sasaran utama menjaga keseimbangan pasokan dan permintaan.

"TPID harus bisa menjadi gugus tugas yang optimal dalam memantau produksi atau distribusi kebutuhan pangan selama Ramadhan," ujar Handi.

Berikutnya, monitoring terhadap tata niaga pangan, kerja-kerja spekulan yang memburu keuntungan melalui rantai pasok yang dikuasai sekelompok kecil orang patut menjadi perhatian. Mereka acapkali menjadi pemicu di luar hukum ekonomi pasokan dan permintaan.

Terakhir adalah mengantisipasi faktor cuaca yang seringkali mengalami perubahan, terutama di sentra-sentra produksi.

Handi mengatakan, semenjak 2019 sampai 2022 beberapa komoditas atau makanan yang banyak dikonsumsi menyebabkan kenaikan harga selama Ramadhan seperti minyak goreng, daging ayam, cabai, bawang, serta beberapa komoditas lainnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement