Senin 06 Mar 2023 07:32 WIB

Pupuk Indonesia ajak UMKM unjuk gigi di INACRAFT 2023

Terdapat 17 UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup yang mengikuti pameran INACRAFT 2023.

Pengunjung mengamati produk yang dipajang dalam pameran INACRAFT 2023, (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan
Pengunjung mengamati produk yang dipajang dalam pameran INACRAFT 2023, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pupuk Indonesia (Persero) mengajak UMKM binaan unjuk gigi di ajang INACRAFT 2023 yang merupakan salah satu pameran kriya besar yang dinanti oleh para penggiat dan peminat produk-produk kerajinan dari dalam negeri. Hal itu sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir yang mendukung UMKM melalui Rumah BUMN tembus pasar global.

"Seluruh mitra binaan Pupuk Indonesia Grup ini akan mengikuti pameran INACRAFT dari tanggal 1-5 Maret 2023. Ajang ini diharapkan menjadi sarana promosi dan interaksi serta pertukaran informasi mengenai tren produk, khususnya industri kerajinan lokal," kata SVP Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pupuk Indonesia Rika Susanty lewat keterangannya di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Rika mengatakan terdapat 17 UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup yang mengikuti pameran INACRAFT 2023.

Pada INACRAFT 2023, terdapat 11 BUMN yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, yaitu PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero), Bank Syariah Indonesia (BSI), Bank Mandiri, PT PNM (Persero), PT PLN (Persero), PT Jasa Raharja (Persero), PT KAI (Persero), PT Telkom (Persero), dan PTPN III.

Berbagai macam produk UMKM pilihan BUMN ditawarkan pada masyarakat dalam negeri dan luar negeri yang antusias berkunjung pada INACRAFT 2023. Khusus UMKM binaan Pupuk Indonesia menampilkan produk kerajinan batik dan perhiasan.

Seperti UMKM binaan Pupuk Kaltim yaitu Batik Beras Basah dan Batik Kuntul Perak. UMKM binaan Pupuk Kujang Cikampek yaitu Kampung Batik Pasundan, Babakan Puspa, dan Batik Trusmi.

UMKM binaan Petrokimia Gresik yaitu Zulpah Batik, Batik Gedog Zaenal, Djasmine Bordir, OG Pacitan (Jewelry), dan Batik Kudus Amba Budaya.

Selanjutnya UMKM binaan Pusri Palembang yaitu Rumah Kain (Songket dan Jumputan), Indah songket, dan Pyo Jewelry. Lalu, UMKM binaan Pupuk Iskandar Muda yaitu Putro Ena Souvenir (Tas Bordir Aceh), BGJ Fashion (Kain Bordir Gayo), dan Jasmani Songket Aceh. Terakhir UMKM binaan Rekind yaitu Cia Gina Collection.

Sebelumnya, Menteri BUMN melalui Staf Khususnya, Arya Sinulingga menyatakan bahwa keikutsertaan BUMN dalam INACRAFT membawa angin segar kepada pelaku usaha agar mampu bersaing dalam pasar global.

"INACRAFT ini merupakan kesempatan bagi UMKM BUMN unjuk gigi memamerkan produk-produk unggulannya yang berkualitas sekaligus meningkatkan kapasitasnya," ucap Arya saat mengunjungi booth Rumah BUMN.

Arya menegaskan, tentunya keikutsertaan Pupuk Indonesua Grup dalam pameran INACRAFT 2023 merupakan wujud nyata Kementerian BUMN untuk mendukung upaya perluasan pasar UMKM agar mampu bersaing dengan produk berkualitas lainnya di pasar dunia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement