Sabtu 04 Mar 2023 14:48 WIB

UMKM Binaan BNI Berpartisipasi di Ajang Inacraft 2023

BNI terus mendorong pelaksanaan pameran berskala nasional, salah satunya Inacraft.

Masing-masing pelaku UMKM Binaan BNI memiliki latar belakang yang sangat menarik dan mampu menjadi percontohan bagi pelaku UMKM untuk tetap bersemangat dalam berkarya guna Melompat Lebih Tinggi di dalam negeri maupun di pasar mancanegara.
Foto: Dok. BNI
Masing-masing pelaku UMKM Binaan BNI memiliki latar belakang yang sangat menarik dan mampu menjadi percontohan bagi pelaku UMKM untuk tetap bersemangat dalam berkarya guna Melompat Lebih Tinggi di dalam negeri maupun di pasar mancanegara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjalankan bisnis bukanlah hal yang mudah, terlebih bagi seseorang yang memiliki keterbatasan. Namun, Widi Nugraha meyakini bahwa setiap orang harus mendapat kesempatan yang sama dan setiap orang mampu melompat tinggi menggapai cita-cita.

“Saya percaya siapa pun dapat menjadi orang sukses dan melompat lebih tinggi, tanpa terkecuali,” kata Widi yang sehari-hari bekerja sebagai pengrajin batik, dalam keterangan tertulis, Sabtu (4/3/2023).

Baca Juga

Widi memasarkan produknya di Rumah BUMN Ngawi Batik Fosil Widi Nugraha. Kain batik yang dijual Widi sangat unik, memiliki motif berbentuk manusia purba yang laris manis di Ngawi. 

Selain sebagai pengrajin kain batik, Widi juga menawarkan busana siap pakai yang pengerjaan pola serta proses jahitnya dikerjakan oleh kaum difabel. Widi meyakini bahwa semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk berhasil. 

Dalam membuat batik, Widi terinspirasi dari keindahan alam dan sejarah, sehingga kain batik yang dihasilkannya dipenuhi dengan corak dedaunan dan gambar manusia purba. “Motif purba terinspirasi dari penemuan situs manusia purba di Trinil,” kata Widi. 

Widi adalah satu dari puluhan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang mengapresiasi PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI melalui Rumah BUMN. Menurutnya, BNI selalu inovatif dalam memberi solusi bagi pengembangan bisnisnya.

Sebagai badan usaha milik negara (BUMN), BNI berkomitmen kuat mendukung program pemerintah dalam pendampingan dan peningkatan kualitas UMKM dengan tujuan memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Dukungan yang diberikan BNI kepada UMKM sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang juga mencanangkan Gerakan Nasional 'Bangga Buatan Indonesia' atau BBI sebagai wujud dukungan untuk UMKM Indonesia. 

BNI juga menuangkan dukungan kepada UMKM dengan terlibat dalam Inacraft 2023 yang memiliki tema 'From Smart Village to Global Market'. Dalam acara tersebut BNI hadir melalui program bertajuk BNI Xpora.

Inacraft adalah pameran kerajinan terbesar di Indonesia yang mewadahi para perajin seluruh Indonesia. Acara ini diselenggarakan dari tanggal 1-5 Maret 2023.

Dalam kesempatan sebelumnya, Wakil Direktur Utama BNI Adi Sulistyowati (Susi) mengatakan, segmen UMKM tumbuh sangat baik pada 2022 dan diharapkan terus tumbuh di tahun ini. BNI terus mendorong pelaksanaan pameran nasional, khususnya dalam skala global guna mendukung para pelaku UMKM untuk dapat meningkatkan kualitas produknya dan mengekspornya ke mancanegara.

"Kami sangat bangga dapat berkontribusi pada Jakarta Inacraft 2023. Kami percaya, ajang ini dapat menjadi akselerator pertumbuhan ekonomi yang lebih baik di awal tahun ini," ujarnya.

Susi melanjutkan, pelaku UMKM yang diikutsertakan memiliki produk berkualitas dan terbukti mampu menembus standar kualitas dunia. Masing-masing pelaku UMKM Binaan BNI memiliki latar belakang yang sangat menarik dan mampu menjadi percontohan bagi pelaku UMKM untuk tetap bersemangat dalam berkarya guna Melompat Lebih Tinggi di dalam negeri maupun di pasar mancanegara.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement