Selasa 21 Feb 2023 17:45 WIB

Pos Indonesia Akselerasi Pertumbuhan Industri Logistik Nasional

Pos Indonesia sebagai penyelenggara logistik memiliki kompetensi logistik dari berbag

Custimers Gathering Logistic Day.
Foto: Istimewa
Custimers Gathering Logistic Day.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pos Indonesia terus berperan untuk mengakselerasi pertumbuhan industri logistik nasional. Kali ini, Pos Indonesia menginisiasi Logistic Day untuk mendorong akselerasi pertumbuhan Industri Logistik Nasional, pada Selasa (21/2/2023). 

Menurut Direktur Pos Ditjen PPI Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Gunawan Hutagalung ST MT, Pos Indonesia sebagai BUMN yang  bergerak di bidang jasa kurir dan logistik mampu menjadi kurir and logistic solutions bagi Kementerian, Lembaga, Departemen, dan Pemerintahan Daerah. 

BUMN ini, kata dia, telah mendapat tugas khusus dari pemerintah sebagai Designated Operator (Penyelenggara Pos yang ditunjuk oleh Pemerintah) sebagaimana ditetapkan dalam Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika nomor : 1670 Tahun 2016 tanggal 26 September 2016).

“Tentunya Pemerintah memiliki alasan yang sangat kuat dengan melihat kepada kapasitas dan pengalaman yang dimiliki oleh Pos Indonesia untuk melakukan interkoneksi distribusi kiriman kurir dan logistik dengan berkolaborasi bersama penyelenggara kurir dan logistik lainnya baik domestik maupun internasional," ujar Gunawan dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id. 

Menurut Direktur Utama Pos Indonesia Group, Faizal Rochmad Djoemadi, kerja sama ini dilakukan dalam rangka mempercepat proses pendistribusian logistik para pelaku usaha di Indonesia dan merupakan salah satu upaya dalam mendukung stabilitas ekonomi nasional. 

Sementara menurut Direktur Bisnis Kurir dan Logistik Pos Indonesia, Siti Choiriana, Pos Indonesia sebagai penyelenggara logistik yang memiliki kompetensi logistik dari berbagai industri. Pos Indonesia fokus dalam mendukung, menggerakkan upaya pengelolaan distribusi, pengiriman layanan logistic untuk semua Industri yang mampu menjangkau semua area di Indonesia. 

Saat ini, kata dia, PT Pos Indonesia (Persero) didukung penuh oleh Bea dan Cukai, Balai Karantina Hewan, Balai Karantina Tumbuhan serta komunitas kurasi produk UMKM seperti Sekolah Eksport, Si Bakul, PadiUMKM, Big Indonesia, Kalikan dan entitas lain yang fokus pada peningkatan enterpreunership UKM di Indonesia untuk menjadi juara domestik dan mengembangkan layanan hingga Go Internasional.

Pos Indonesia, kata dia, sebagai bagian dari organisasi dunia United Postal Union (UPU) tengah dan terus berupaya meningkatkan kiriman antar negara, antar benua dengan layanan/service kiriman Pos Internasional.

“Pos Indonesia mendukung dan mengembangkan interkoneksi dengan perusahaan kurir dan logistik baik domestik dan internasional sebagai salah satu strategi untuk pemenangan layanan logistik dunia dengan harga yang kompetitif," katanya.

Pos Indonesia, kata dia, selaku penyelenggara bisnis kurir–logistik berkolaborasi dengan BUMN Klaster Logistik atau dengan Perusahaan Swasta untuk produk layanan baik di first mile, middle maupun last mile menggunakan digital platform.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement