Senin 20 Feb 2023 17:20 WIB

Sukeskan F1 Powerboat, PLN Siapkan Pengamanan Listrik Berlapis

Simulasi juga dilakukan untuk memastikan pengamanan tersebut berfungsi dengan baik.

Powerboat (ilustrasi). PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatra Utara akan menerapkan skema pengamanan kelistrikan berlapis untuk menjaga keandalan pasokan listrik menyukseskan lomba F1 Powerboat, pada 24-26 Februari 2023.
Foto: EPA-EFE/ARTUR
Powerboat (ilustrasi). PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatra Utara akan menerapkan skema pengamanan kelistrikan berlapis untuk menjaga keandalan pasokan listrik menyukseskan lomba F1 Powerboat, pada 24-26 Februari 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatra Utara akan menerapkan skema pengamanan kelistrikan berlapis untuk menjaga keandalan pasokan listrik menyukseskan lomba F1 Powerboat, pada 24-26 Februari 2023 di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Sumatra Utara.

"Untuk memastikan persiapan tersebut, kami melakukan apel siaga kelistrikan serta gelar pasukan dan peralatan kesiapan kejuaraan dunia F1 Powerboat di Balige," kata General Manajer PLN UID Sumut Tonny Bellamy, dalam keterangan, Senin (20/2/2023).

Baca Juga

Tonny menyebutkan, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Sibolga juga telah mempersiapkan ratusan petugas PLN untuk mempercepat penyelesaian infrastruktur kelistrikan di beberapa titik penting lomba F1 Powerboat. Seluruh infrastruktur kelistrikan dalam mendukung pergelaran perlombaan F1 Powerboat telah rampung 100 persen.

Ia juga menyampaikan, PLN terus mengawal pasokan listrik selama acara tersebut berlangsung dalam kondisi andal. "Sikap tanggap dan cepat jika terdapat gangguan harus segera diselesaikan. Tingkatkan koordinasi dengan para pemangku kepentingan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan," ucapnya.

Tonny juga melakukan uji coba skema pengamanan kelistrikan yang telah dipersiapkan. Serangkaian simulasi juga dilakukan untuk memastikan pengamanan tersebut berfungsi dengan baik agar jika terjadi gangguan dapat pulih kembali.

Selain itu, dalam memberikan pelayanan serta percepatan penanganan gangguan selama acara berlangsung. PLN telah mempersiapkan posko kelistrikan berbasis Supervisory Control And Data Acquisition (SCADA).

"Sistem ini terintegrasi dari Gardu Hubung, jaringan 20 kV hingga sistem keamanan listrik di lokasi," kata Tonny.

Ia menambahkan, simulasi skema pengamanan kelistrikan telah dilakukan dan berjalan dengan baik. Jika terjadi gangguan saat pergelaran berlangsung, PLN dapat melakukan pemulihan pasokan kelistrikan dalam waktu tiga detik.

Kelistrikan di lokasi utama ajang F1 Powerboat Danau Toba dan beberapa lokasi pendukung lainnya akan terus dipantau dan dipastikan aman. "Pengecekan berkala akan terus dilakukan petugas PLN guna mendukung kesuksesan acara mulai dari tahap persiapan, pembukaan, puncak acara dan penutupan," kata Tonny.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement