Sabtu 18 Feb 2023 08:03 WIB

UNIQLO Beri Pelatihan untuk Tingkatkan Daya Saing UKM Lokal

Dari 80 UKM, 46 UKM yang lolos kurasi dan akan tampil di Uniqlo.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Lida Puspaningtyas
Ketua TP PKK Kota Bandung Yunimar Mulyana meninjau kolaborasi Uniqlo dengan UKM asal Kota Bandung melalui #BandungEighborhood di outlet Uniqlo Paskal 23 Shopping Center, Kamis (16/2/2023).
Foto: Republika/Dea Alvi Soraya
Ketua TP PKK Kota Bandung Yunimar Mulyana meninjau kolaborasi Uniqlo dengan UKM asal Kota Bandung melalui #BandungEighborhood di outlet Uniqlo Paskal 23 Shopping Center, Kamis (16/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Untuk mendorong para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) agar dapat terus berkembang, perusahaan ritel global asal Jepang, UNIQLO bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat meluncurkan instalasi yang akan menampilkan produk dari UKM lokal Bandung. Selain itu, UNIQLO menggelar pelatihan untuk para UKM lokal di Kota Bandung.

Corporate Affairs Director PT Fast Retailing Indonesia (UNIQLO Indonesia), Irma Yunita, kegiatan tersebut merupakan bagian dari komitmen UNIQLO melalui program UNIQLO Neighborhood Collaboration untuk meningkatkan kehidupan masyarakat. Yakni, diwujudkan dengan upaya pemulihan roda ekonomi melalui dukungan pertumbuhan UKM lokal di Indonesia.

Baca Juga

Irma berharap kehadiran UNIQLO di Indonesia dapat memberikan kontribusi yang positif dengan tidak hanya memenuhi kebutuhan gaya hidup masyarakat melalui pakaian yang nyaman dan berkualitas. Tetapi juga berperan aktif terhadap kesejahteraan masyarakat dengan merangkul kearifan lokal. Serta, membangkitkan perekonomian retail dan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah sekitar lokasi usahanya.

"Kali ini, melalui program UNIQLO Neighborhood Collaboration, kami ingin memberikan kesempatan bagi para pelaku bisnis lokal dan UKM di Kota Bandung untuk mengembangkan potensinya dan untuk bisa memperoleh kesempatan agar dapat dikenal oleh masyarakat yang lebih luas lagi, ” ujar Irma, Sabtu (18/2/2023).

 

Program yang diluncurkan sejak 2019 ini menampilkan instalasi di dalam area toko-toko UNIQLO Indonesia yang berisi beberapa produk dan informasi dari UKM lokal yang telah terpilih. Para UKM harus melalui proses kurasi. Serta, akan dikaji setiap satu tahun untuk memberikan kesempatan yang sama kepada UKM lainnya agar dapat ditampilkan di UNIQLO Neighborhood Collaboration.

Di Kota Bandung, kata dia, UNIQLO Neighborhood Collaboration yang bernama pertama kali hadir di UNIQLO 23 Paskal dengan melibatkan total 8 UKM lokal Bandung. Pada tahun 2022, UNIQLO Neighborhood Collaboration juga tersedia di UNIQLO Heritage Bandung pada hari pembukaan dengan melibatkan total 6 UKM lokal Bandung.

Untuk memperluas pasar bagi UKM lokal setempat, kata dia, UNIQLO memperbesar cakupan program tersebut ke dua toko lainnya di Bandung yakni UNIQLO Paris Van Java dan UNIQLO Trans Studio Mall Bandung yang diluncurkan pada 15-16 Februari 2023.

"Dari 80 UKM yang telah mengikuti proses kurasi, terdapat 46 UKM yang lolos dan produknya akan ditampilkan secara bergiliran dalam periode waktu 1 tahun dengan 5-8 produk UKM per toko," katanya.

Selain menyediakan ruang promosi untuk UKM, kata dia, UNIQLO juga memberikan kesempatan bagi 34 UKM yang belum lolos kurasi untuk bisa bersama-sama belajar dan menambah pengetahuan serta keterampilan sebagai bekal untuk membangun bisnis yang lebih baik dengan menyelenggarakan lokakarya dengan tema “Branding Marketing” pada 16 Februari 2023 bekerja sama dengan Markplus Institute.

"Materi yang diberikan seputar pemasaran merek dagang, penguasaan media sosial untuk pemasaran, serta meningkatkan keterampilan negosiasi dan pitching yang diharapkan dapat membantu meningkatkan keterampilan dan daya saing UKM di kota Bandung," paparnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement