Jumat 17 Feb 2023 07:34 WIB

Weekend Mau ke Mana? BUMN Gelar Bazar UMKM, Diskon Hingga 73 Persen

Bazar UMKM untuk Indonesia menawarkan berbagai diskon hingga 59 dan 73 persen

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Gita Amanda
PT Angkasa Pura (AP) I (Persero) dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar bazar UMKM untuk Indonedia di Sarinah. (ilustrasi).
Foto: Republika/Thoudy Badai
PT Angkasa Pura (AP) I (Persero) dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar bazar UMKM untuk Indonedia di Sarinah. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura (AP) I (Persero) dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar bazar UMKM untuk Indonesia di Sarinah. Bazar tersebut digelar selama empat hari hingga 19 Februari 2023.

Direktur Human Capital AP I Israwadi mengatakan, UMKM memegang peranan penting dalam meningkatkan perekonomian nasional. “Kami berharap penyelenggaraan bazar untuk UMKM dapat semakin mendukung pengembangan usaha dan meningkatkan potensi omzet usaha mereka,” kata Israwadi, Kamis (16/2/2023).

Baca Juga

Dia menjelaskan, bazar tersebut diikuti oleh sebanyak 73 UMKM dari berbagai daerah dan 20 di antaranya merupakan mitra binaan Angkasa Pura I. Bazar UMKM untuk Indonesia juga menawarkan berbagai diskon menarik hingga 59 dan 73 persen sesuai dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-59 Angkasa Pura I dan HUT Ke-73 BTN.

“UMKM yang turut serta dalam pelaksanaan kali ini berasal dari sektor industri pakaian, kerajinan tangan, makanan dan minuman, dan produk kecantikan,” ujar Israwadi.

Sebagai bagian dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), dia memastikan AP I telah melaksanakan sejumlah program dalam rangka mendorong pertumbuhan UMKM di Indonesia. Salah satunya melalui program pendanaan UMKM dan hibah pembinaan UMKM.

“Angkasa Pura I tidak hanya berkomitmen dalam memberikan pelayanan prima kepada pengguna jasa bandara, tetapi keberadaan bandara juga bermanfaat untuk masyarakat umum secara luas, salah satunya adalah sektor UMKM," ujar Israwadi.

Dia menambahkan, sepanjang 2022 AP I telah menyalurkan pinjaman modal usaha sebesar Rp 19,5 miliar untuk mendukung UMKM. Penyaluran tersebut berupa pemberian pinjaman lunak sebagai modal kerja kepada 138 UMKM mitra binaan dari berbagai sektor, serta hibah pembinaan berupa pelatihan, keikutsertaan UMKM mitra binaan dalam pameran, dan bantuan sertifikasi produk terhadap UMKM mitra binaan.

Direktur Konsumer BTN, Hirwandi, mengharapkan bazar tersebut dapat semakin memperkenalkan produk UMKM. “Ini bagaimana kita mendorong UMKM ini menuju digitalisasi juga,” kata Hirwandi.

Hirwandi menuturkan, selama ini Kementerian BUMN selalu mendorong untuk melakukan bazar UMKM. Dia memastikan komitmennya untuk terus menginisiasi dukungan untuk UMKM.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement