Kamis 12 Jan 2023 20:25 WIB

Eks Bankir Goldman Sachs Cari Kerja Via Linkedin

Sekitar 3.000 karyawan Goldman di-PHK, menjadi awal PHK massal bank investasi.

Goldman Sachs
Foto: understory.ran.org
Goldman Sachs

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Para pekerja Goldman Sachs yang baru menganggur memanfaatkan layanan perekrutan tenaga kerja setelah kehilangan pekerjaan mereka dalam restrukturisasi terbesar sejak krisis keuangan 2008. Mereka memanfaatkan situs Linkedin untuk mendapatkan pekerjaan baru di tengah perlambatan ekonomi global.

Goldman pada Rabu memulai pengurangan besar-besaran pekerja dalam upaya pemotongan biaya. Sekitar sepertiga dari mereka yang terkena dampak berasal dari perbankan investasi dan divisi pasar global, kata seorang sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Baca Juga

Saingan titan Wall Street juga telah mulai memangkas pekerjaan karena bank global bersiap menghadapi resesi dan pemotongan yang lebih luas dan lebih dalam diperkirakan terjadi di seluruh industri jika aktivitas pembuatan kesepakatan tetap lemah. Sedikitnya 5.000 orang terancam PHK dari berbagai bank. Selain sekitar 3.200 dari Goldman, Morgan Stanley telah memangkas sekitar 2 persen dari tenaga kerjanya, atau 1.600 pekerjaan, sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan bulan lalu. Sumber lain mengatakan HSBC kehilangan setidaknya 200 pekerja.

photo
Tampilan close-up menunjukkan aplikasi Linkedin. - (EPA-EFE/HAYOUNG JEON)

Pengurangan pekerja telah lama direncanakan di Goldman, mengikuti upaya perekrutan selama pandemi. Hal itu membuat jumlah karyawan bank mencapai 49.000.

Tetapi, inflasi yang melonjak dan meningkatnya ketegangan geopolitik setelah perang Ukraina telah menyebabkan penurunan tajam dalam beberapa kegiatan perbankan investasi yang kritis. Ini memaksa bos bank yang sadar biaya untuk bersiap menghadapi masa-masa sulit.

"Rangkaian perampingan di bank telah mendorong keluar ratusan bankir dan menciptakan lebih banyak persaingan di pasar kerja lokal," kata Arnaldo Oliveira, pendiri dan kepala eksekutif perusahaan perekrutan Orion Executive Search International kepada Reuters.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement