Selasa 27 Dec 2022 20:49 WIB

Kembangkan Kendaraan Listrik, Menko Airlangga: Investasi Industri Otomotif Perlu Dipacu

Industri otomotif Indonesia konsisten mencatatkan kinerja positif.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nidia Zuraya
Kendaraan listrik. Ilustrasi.
Foto: Carscoops
Kendaraan listrik. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah memberikan dukungan bagi industri otomotif Indonesia bertransformasi sebagai pemain global dalam industri kendaraan listrik. Pemerintah pun terus mendorong investasi guna mendukung peluang pengembangan kendaraan listrik di Indonesia.

“Saya mengucapkan selamat kepada seluruh jajaran CEO dan Pimpinan, Direksi dari PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia atas produksi mobil listrik di Indonesia. Ini dengan teknologi elektrifikasi tentu bisa menjadi salah satu cara mencapai Net Zero Emission,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menyampaikan sambutan dalam kunjungan kerja ke PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) di Cikarang, Jawa Barat, seperti dilansir dari siaran pers pada Selasa (27/12/2022).

Baca Juga

Airlangga turut menyampaikan apresiasi atas penggunaan fasilitas latest VR technology untuk dapat mendukung pengembangan industri manufaktur di PT HMMI. Apresiasi diberikan pula atas keterlibatan PT HMMI yang telah mendukung pelaksanaan Presidensi G20 Indonesia melalui penyediaan mobil listrik.

“Jadi kita mendorong agar elektrifikasi ini berhasil dan tentunya mengapresiasi apa yang telah dilakukan Hyundai Motor. Saya lihat ini salah satu yang paling modern dan mementingkan terkait dengan kenyamanan pekerja,” ujar dia.

Lebih lanjut Airlangga menuturkan, industri otomotif konsisten mencatatkan kinerja positif dan menjadi salah satu sektor yang berperan penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Meneruskan tren pemulihan dan mampu tumbuh hingga mencapai 10,26 persen pada kuartal ketiga 2022, sektor itu turut menyerap tenaga kerja langsung dalam jumlah cukup besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement