Senin 19 Dec 2022 19:24 WIB

Pelindo III Prediksi Penumpang Natal dan Tahun Baru Naik 25 Persen

Pelindo III menyiapkan 21 terminal penumpang menyambut arus mudik Natal-Tahun Baru.

Pelindo III
Foto: Pelindo III
Pelindo III

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 3 memprediksi penumpang angkutan laut di wilayah mereka akan naik 25 persen saat Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dibanding periode sama tahun lalu.

"Tahun lalu capaian arus penumpang pada Natal dan tahun baru sekitar 180 ribu penumpang dan kali ini diprediksi melonjak 25 persen menjadi sekitar 225 ribu penumpang," ujar Regional Head 3 Pelindo Ardhy Wahyu Basuki di Surabaya, Senin (19/12/2022).

Baca Juga

Pelindo 3 telah menyiapkan 21 terminal penumpang menyambut arus mudik Natal dan Tahun Baru untuk mengantisipasi lonjakan pemudik khususnya via jalur laut. Pihaknya mengakui, pelonggaran aturan berpergian yang diberikan pemerintah pasca meredanya pandemi Covid-19 akan memicu peningkatan arus pemudik pada mudik Natal dan tahun baru.

Pelindo Regional 3 juga telah melakukan sejumlah persiapan, seperti penyiapan berbagai fasilitas keamanan dan kenyamanan, hingga kesehatan bagi calon pemudik yang tiba maupun berangkat dari setiap terminal penumpang.

 

"Sejumlah fasilitas yang dipastikan siap di antaranya ruang tunggu penumpang, alat pemeriksa suhu tubuh, ruang laktasi, penambahan counter check-in hingga penambahan petugas jaga dan CCTV guna memastikan keamanan bagi calon pemudik," kata Ardhy.

Pelindo Regional 3, juga terus berkoordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan, seperti OP, Syahbandar dan penyedia pelayaran agar arus mudik Natal dan tahun baru, khususnya melalui jalur laut bisa berjalan lancar.

"Kami telah memastikan seluruh terminal penumpang di wilayah kerja kami. Semua fasilitas umum baik fasilitas ruang tunggu, ruang menyusui, hingga ruang kesehatan dipastikan siap melayani arus mudik lebaran tahun ini," tutur Ardhy.

Ardhy mengimbau kepada seluruh pihak, khususnya calon penumpang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama perjalanan khususnya di terminal penumpang agar terhindar dari penyebaran virus Covid-19.

Sebelumnya arus mudik Natal dan tahun baru baik via darat, udara maupun laut diprediksi akan mengalami kenaikan jumlah penumpang pasca dilonggarkannya aturan berpergian oleh pemerintah.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement