Rabu 14 Dec 2022 22:07 WIB

Hijra Bank Luncurkan Mobile Banking dan Fitur Tabungan Wadiah

Hijra Bank siapkan Fitur Hijra Box untuk pengelolaan keuangan dalam mobile banking

Rep: Novita Intan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Peluncuran Hijra Bank App di Jakarta, Selasa (6/12). Dukungan regulator dinilai semakin ramah terhadap industri Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS). Ahli Ekonomi dan Keuangan Syariah, Mulya E Siregar mengatakan perubahan regulasi perbankan khususnya untuk BPRS kini lebih dinamis.
Foto: Hijra Bank
Peluncuran Hijra Bank App di Jakarta, Selasa (6/12). Dukungan regulator dinilai semakin ramah terhadap industri Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS). Ahli Ekonomi dan Keuangan Syariah, Mulya E Siregar mengatakan perubahan regulasi perbankan khususnya untuk BPRS kini lebih dinamis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Layanan keuangan syariah semakin mendapatkan tempat hati nasabah perbankan Indonesia. Hal ini karena mengedepankan transparansi dan sistem keuangan etis demi kehidupan yang berkelanjutan.

Semakin besarnya minat nasabah terhadap layanan syariah ini salah satunya terlihat dari tumbuhnya aset bank syariah yang jauh lebih tinggi dari aset bank konvensional. Per Agustus 2022, aset bank syariah nasional tumbuh 17,91 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 744,68 triliun.

Dana pihak ketiga (DPK) naik 18,08 persen menjadi Rp 591,97 triliun, serta pembiayaan yang diberikan tumbuh 18,56 persen menjadi sebesar Rp 483,81 triliun.

CEO ALAMI Group yang juga membawahi Hijra Bank, Dima Djani mengatakan minat nasabah di Indonesia terhadap layanan keuangan syariah terus mengalami kenaikan. Hal ini karena nasabah semakin sadar bahwa layanan keuangan tak semata hanya untuk urusan ekonomi, namun juga harus disertai dengan nilai-nilai kebaikan, fairness, transparansi, serta etis.

 

“Dari sinilah, Hijra Bank meluncurkan mobile banking yang mengombinasikan kenyamanan bertransaksi keuangan dengan nilai-nilai kebaikan. Karena itu, layanan mobile banking dari Hijra Bank ini merupakan platform perbankan digital yang sekaligus menjadi platform kebaikan berbasis syariah,” ujarnya dalam keterangan tulis, Rabu (14/12/2022).

Dima menjelaskan, dalam kaitannya dengan layanan perbankan, Hijra Bank memiliki fitur Tabungan Wadiah bagi individu dengan sejumlah kelebihan, yakni tanpa biaya administrasi; tanpa minimum saldo; gratis transfer sesama rekening Hijra Bank; serta gratis transfer antar-bank dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Untuk membantu mengelola keuangan agar lebih cermat dan bermanfaat, Hijra Bank menyediakan fitur Hijra Box yang dapat disesuaikan dengan tujuannya, seperti rencana pernikahan, pendidikan anak, maupun perjalanan ibadah ke Tanah Suci. Hadirnya fitur ini akan semakin mempermudah nasabah memantau perkembangan keuangan dalam rangka mencapai target yang diharapkan.

Sebagai platform kebaikan yang berbasis syariah, Hijra Bank juga memiliki fitur Sedekah SignUp, yang memudahkan nasabah menyalurkan sedekah yang ditujukan kepada proyek yang manfaatnya bisa dilihat secara langsung, dengan dana yang disubsidi oleh Hijra Bank.

Fitur selanjutnya Hijra Lifestyle yang menghadirkan sesi kajian ilmu dari para ahli dengan topik menarik dan bermanfaat seperti parenting, kehidupan rumah tangga, dan kesehatan mental. Dima menjelaskan, kedepan, fitur dan layanan Hijra Bank akan terus dikembangkan, namun tentunya mengikuti prosedur yang harus dilalui sesuai arahan regulator.

“Peluncuran Hijra Bank adalah awal dari inovasi dan akan kami kembangkan dengan membangun ide menggerakkan kebaikan bersama,” jelasnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement