Selasa 08 Nov 2022 19:34 WIB

GTS Internasional Operatori Kapal LNG untuk BAG

GTS Internasional saat ini mengelola sedikitnya dua kapal LNG.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Kapal LNG (ilustrasi)
Foto: amveruscg.blogspot.com
Kapal LNG (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Perusahaan pengangkut energi, PT GTS Internasional Tbk (GTSI) menjalin kerja sama dengan PT Pelayaran Bahtera Adhiguna (BAG) untuk pelatihan dan pengenalan operasional. Hal tersebut dilakukan karena GTS Internasional menjadi operator kapal Liquid Natural Gas (LNG) dan berkomitmen untuk terus berkembang dalam sektor pengangkutan energi.

“Pelatihan sebagai operator kapal LNG diberikan kepada awak BAG akan diadakan di atas kapal TRIPUTRA yang sudah bertahun-tahun dioperasikan GTS Internasional,” kata Direktur Utama GTSI Tammy Meidharma dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (8/11/2022). 

Baca Juga

Tammy menjelaskan, pelatihan tersebut diadakan dalam enam batch on board training yang terdiri dari sejumlah kurikulum atau silabus pengoperasian kapal. Pelatihan dilakukan dengan standar internasional yang sudah lama dijalankan oleh GTSI. 

“Pelatihan dan pengenalan dalam mengoperatori kapal LNG untuk BAG tidak lepas daftar panjang sepak terjang GTS Internasional dalam mengelola kapal LNG,” ucap Tammy. 

 

Tammy mengatakan GTS Internasional saat ini mengelola sedikitnya dua kapal LNG yaitu EKAPUTRA 1 dan TRIPUTRA yang setiap hari mengelilingi nusantara mengangkut LNG. Dia menambahkan, GTS Internasional sudah lebih dari 30 tahun berpengalaman ikut menyediakan energi dengan mengangkut gas dari titik eksploitasi ke pembangkit listrik di tanah air.  

“Kami mengemban kepercayaan dari klien, bahwa kami mampu dengan baik menjalankan misi penyediaan energi ramah lingkungan itu dengan standar internasional,” ujar Tammy. 

Dalam operasinya, GTSI juga telah memiliki sejumlah sertifikat antara lain, IMO Standard, CLASS NK dan beberapa sertifikat ISO. Tammy memastikan GTSI juga sudah meraih sertifikat ramah lingkungan. 

Plt Direktur Utama Pelayaran Bahtera Adhiguna, Fauzan menilai sudah tepat telah mempercayakan familiarization atau pengenalan kapal LNG kepada awak kapal kami dari GTSI. “Untuk operator kapal LNG, pengalaman GTSI sudah tidak diragukan lagi,” ucap Fauzan.

Fauzan mengatakan on board training tersebut adalah upaya mempersiapkan Bag sebagai securing of supply energi primer PT PLN (Persero). Saat ini perusahaan masih menjalankan tugas pengangkutan batubara dan kedepannya dapat memungkinkan untuk melakukan pengembangan bisnis yaitu jasa angkutan transportasi laut LNG. 

Pelaksanaan on board training tersebut dimulai dengan penandatanganan kerja sama pada tanggal 25 Oktober 2022. “Dengan pelaksanaan on board training ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi pegawai tentang jasa angkutan transportasi laut LNG,” ungkap Fauzan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement