Ahad 18 Sep 2022 09:22 WIB

AP II: Pemulihan Penerbangan akan Berlanjut Hingga Akhir 2022

Lalu lintas penerbangan di bandara-bandara AP II berangsur pulih

Rep: Rahayu Subekti / Red: Nashih Nashrullah
Foto penumpang di Bandara Soekarno Hatta. (ilustrasi). Lalu lintas penerbangan di bandara-bandara AP II berangsur pulih
Foto: Republika/Rakhmawaty Lalang
Foto penumpang di Bandara Soekarno Hatta. (ilustrasi). Lalu lintas penerbangan di bandara-bandara AP II berangsur pulih

REPUBLIKA.CO.ID JAKARTA — PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) optimistis kelanjutan pemulihan penerbangan akan berlanjut hingga akhir 2022. 

Direktur AP II, Muhammad Awaluddin, menuturkan lalu lintas penerbangan di bandara-bandara AP II terus berangsur pulih sejalan dengan terkendalinya situasi pandemi Covid-19.  

Baca Juga

“Sinyal yang menunjukkan pemulihan penerbangan kian kuat pada kuartal III 2022 dan akan berlanjut terus hingga kuartal IV 2022,” kata Awaluddin dalam pernyataan tertulisnya, Sabtu (17/9/2022).  

AP II mencatat kondisi sektor penerbangan pada 2022 lebih baik dibandingkan dengan Maret-Desember 2020 dan Januari-Desember 2021. Awaluddin mengatakan lalu lintas penerbangan pada 2022 meningkat secara berkelanjutan sejak awal tahun.  

“Jumlah pergerakan penumpang di bandara-bandara AP II pada kuaratal I 2022 secara kumulatif rata-rata sekitar 4 juta penumpang per bulan atau jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kuartal I 2021 rata-rata sekitar 2,3 juta penumpang per bulan,” jelas Awaluddin.  

Pada kuartal II 2022 jumlah penumpang AP II kembali meningkat signifikan menjadi rata-rata 5,3 juta penumpang per bulan. Salah satunya didorong angkutan lebaran yang sukses diselenggarakan AP II.  

Bandara Soekarno-Hatta pada September 2022 juga menjadi bandara tersibuk di ASEAN dengan kapasitas kursi penerbangan mencapai 2,96 juta kursi. Lalu diikuti oleh Bandara Tan Son Nhat di Ho Chi Minh City, Vietnam dengan 2,09 juta kursi dan  Bandara Changi di Singapura dengan 2,08 juta kursi. 

Baca juga: Hina Ceramah Ning Imaz, Bisakah Eko Kuntadhi Dipidanakan? Ini Jawaban Praktisi Hukum

Rute Jakarta-Denpasar dengan kapasitas kursi penerbangan sebanyak 600.248 kursi masuk ke peringkat sembilan dalam daftar Top 10 rute domestik tersibuk di dunia pada September 2022. 

“Pemulihan lalu lintas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta cukup signifikan dan telah mengantisipasi adanya peningkatan penerbangan untuk memastikan kelancaran operasional,” ungkap Awaluddin. 

Awaluddin menambahkan, rute yang sempat ditutup, berangsur mulai dioperasikan kembali. Tingkat pemulihan penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta sudah mencapai 80 persen yang berarti lalu lintas saat ini sudah mencapai 80 dari 2019 saat pandemi belum ada.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement