Jumat 02 Sep 2022 11:45 WIB

Kembangkan Layanan Berbasis Digital, IFG Life Hadirkan Kemudahan dalam Genggaman

IFG Life meluncurkan dua platform digital untuk memberikan pelayanan terbaik

Costumer Care Representative IFG Life melayani nasabah. IFG Life meluncurkan dua platform digital untuk memberikan pelayanan terbaik. Ilustrasi.
Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A
Costumer Care Representative IFG Life melayani nasabah. IFG Life meluncurkan dua platform digital untuk memberikan pelayanan terbaik. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali membuat terobosan guna meningkatkan kenyamanan bagi para nasabah yang membutuhkan layanan. Tidak tanggung-tanggung, pada Agustus 2022 ini IFG Life telah meluncurkan dua platform digital untuk memberikan pelayanan terbaik kepada nasabahnya yaitu Life by IFG dan LifeSPACE.

Melalui Life by IFG pemegang polis IFG Life baik yang berasal dari peralihan Polis Jiwasraya maupun pemegang polis baru dapat mengakses informasi polis dan klaim dengan mudah kapan saja dan di mana saja. Khusus untuk perserta polis IFG Anuitas Prima yang menerima manfaat pensiun setiap bulan dapat melakukan pengkinian data melalui aplikasi ini.

Baca Juga

Begitu pula dengan LifeSPACE sebuat aplikasi yang ditujukan untuk pemegang polis korporasi yang tentunya membutuhkan informasi customized setiap saat. Hal tersebut tentunya inline dengan salah satu strategi inisiatif perusahaan di tahun 2022 yaitu pengembangan platform digital yang mengedepankan customer centric.

Dengan demikian IFG Life sekali lagi membuktikan bahwa sebagai perusahaan penerima mandat untuk melanjutkan pengelolaan polis restrukturisasi yang dialihkan dari Jiwasraya, IFG Life tidak hanya fokus dalam pengelolaan polis yang telah dialihkan pertanggungannya saja. Namun IFG Life juga fokus pada pengembangan sistem dan infrastruktur agar dapat melayani nasabah secara lebih efektif dan efisien dengan jangkauan yang lebih luas.

Direktur Operasional Dan TI IFG Life Iskak Hendrawan mengatakan pengembangan berbagai platform digital ini bertujuan untuk memudahkan para nasabah dalam mengakses layanan IFG Life di mana pun dan kapan pun. "Kami berharap agar para nasabah, baik nasabah perorangan maupun korporasi dapat melihat detail polis mereka secara cepat. Hal ini tentunya memberikan kemudahan pada para nasabah karena keberadaan platform ini dapat mengadirkan asistansi customer care yang melayani para nasabah langsung melalui gawai digital mereka," kata Iskak.

Untuk memastikan customer experience yang terbaik, IFG Life mengusung mekanisme Focus Group Discussion (FGD) yang telah dilakukan pada 28 Juli 2022. Dengan adanya FGD diharapkan pain point dan feedback atas aplikasi dapat diketahui sebelum aplikasi tersebut diluncurkan kepada publik.

"Kami menggunakan mekanisme FGD untuk mengetahui kebutuhan nasabah sebelum meluncurkan platform digital. Harapannya, platform yang kami luncurkan benar-benar dapat memudahkan dan memenuhi kebutuhan nasabah kami," tambah Iskak.

Life by IFG merupakan aplikasi besutan IFG Life yang dapat memudahkan nasabah IFG Life dalam melihat rincian polis, tanggal jatuh tempo pembayaran manfaat polis nasabah, serta melakukan pengkinian data secara mandiri. Life by IFG dapat langsung diunduh melalui tautan www.life.id kemudian pilih layanan distribusi digital yang sesuai dengan gawai masing-masing pengguna.

Lebih lanjut, Iskak menambahkan Life by IFG yang telah tersedia di App Store maupun Play Store ini tengah dikembangkan. "Agar ke depannya para nasabah yang telah terhubung dengan aplikasi ini dapat melakukan pengkinian data untuk polis secara mandiri sehingga perubahan identitas atau penerima manfaat dari polis tertentu dapat langsung di-update apabila dibutuhkan,” ujarnya.

Selain meluncurkan aplikasi, IFG Life juga meluncurkan aplikasi portal khusus Person in Charge (PIC) Korporasi berbasis web yang telah diuji coba langsung oleh perwakilan dari korporasi yang bersangkutan. Kegiatan yang dilaksanakan pada 18 Agustus 2022 di Customer Center IFG Life, Graha CIMB Niaga Lt. 8 ini juga turut menghadirkan perwakilan nasabah sebagai peserta dari korporasi yang diundang.

“Pada hakikatnya kami ingin memberikan customer experience yang memuaskan bagi para penggguna platform IFG Life. Kegiatan FGD ini merupakan wadah bagi kami untuk senantiasa mengembangkan layanan demi mencapai kepuasan nasabah. Inputan dan saran yang membangun tentunya sangat diperlukan dalam proses development sistem,” tambah Iskak.

Aplikasi Corporate Portal yang diberi nama LifeSPACE ini memungkinkan perwakilan yang ditunjuk oleh pemegang polis korporasi dapat mengakses informasi polis. Informasi yang dapat diakses melalui portal ini adalah pengecekan data peserta, akumulasi dana, dan tanggal pembayaran manfaat untuk tiap peserta dari polis induk yang dipegang oleh nasabah korporasi.

Tidak hanya itu, cukup dengan login melalui email dan password yang terdaftar, data peserta aktif serta historis klaim dapat ditampilkan dan diunduh dalam satu langkah mudah. Saat ini tim IT IFG Life tengah merancang agar kedepannya LifeSPACE dapat menghadirkan fitur simulasi perhitungan atas penambahan jumlah peserta untuk tiap-tiap polis yang dimiliki oleh suatu korporasi serta fitur pengkinian data yang memungkinkan perwakilan dari korporasi untuk melakukan update data peserta secara mandiri.

“Kehadiran Life by IFG dan LifeSPACE merupakan wujud transparansi informasi yang diberikan IFG Life kepada nasabahnya. Transparansi informasi ini merupakan salah satu wujud terima kasih IFG Life kepada para nasabah yang telah mempercayakan perlindungan dirinya kepada IFG Life,” tutup Iskak. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement