Ahad 21 Aug 2022 05:00 WIB

Miliarder Warren Buffet Segera Akuisisi 50 Persen Saham Occidental

Harga saham Occidental telah meningkat lebih dari dua kali lipat pada tahun ini.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nidia Zuraya
Warren Buffet, CEO Berkshire Hathaway Inc.
Foto: Reuters
Warren Buffet, CEO Berkshire Hathaway Inc.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Regulator sektor energi AS pada Jumat (19/8/2022) memberi Berkshire Hathaway Inc, perusahaan yang dikendalikan oleh miliarder Warren Buffett, izin untuk membeli hingga 50 persen saham biasa perusahaan minyak Occidental Petroleum Corp.

Seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (20/8/2022), harga saham Occidental lantas melonjak 9,9 persen, dan ditutup naik 6,41 dolar AS menjadi 71,29 dolar AS, setelah Federal Energy Regulatory Commission (FERC) mengatakan membiarkan Berkshire menambah 20,2 persen sahamnya selama konsisten dengan kepentingan publik.

Baca Juga

Berkshire telah mengajukan untuk meningkatkan kepemilikannya pada 11 Juli 2022 lalu dengan mengatakan itu tidak akan merugikan persaingan, melemahkan otoritas regulasi, atau meningkatkan biaya bagi konsumen. FERC mengatur transmisi listrik, gas alam dan minyak antar negara bagian.

Harga saham Occidental yang berbasis di Houston telah meningkat lebih dari dua kali lipat tahun ini, diuntungkan dari kenaikan harga minyak setelah invasi Rusia 24 Februari ke Ukraina. Berkshire mulai membeli saham Occidental empat hari kemudian

Konglomerat Buffett yang berbasis di Omaha, Nebraska juga memiliki saham senilai 10 miliar dolar AS di Occidental, yang membantu membiayai pembelian Anadarko Petroleum Corp pada 2019 dan memiliki waran untuk membeli 83,9 juta saham biasa lainnya senilai 5 miliar dolar AS.

Berkshire juga mengakhiri Juni dengan kepemilikan 23,7 miliar dolar AS di perusahaan minyak yang lebih besar, Chevron Corp.

"Buffett mengambil keuntungan dari pelaku pasar saham yang bodoh tentang industri minyak dan gas dan menganggapnya sebagai bisnis yang mati. Buffett berpikir itu bisa membuatnya kaya,"  kata Cole Smead, presiden Smead Capital Management Inc di Phoenix, yang memiliki saham Occidental dan Berkshire.

Berkshire tidak segera menanggapi permintaan komentar yang dikirim ke asisten Buffett.

Juru bicara Occidental Eric Moses mengatakan batas kepemilikan yang lebih tinggi diperlukan karena perusahaan memiliki aset yang tunduk pada peraturan FERC. Diketahui batas sebelumnya adalah 25 persen.

Otorisasi FERC tidak mengharuskan Berkshire untuk membeli saham Occidental. Beberapa investor dan analis tetap mengatakan Berkshire pada akhirnya dapat membeli Occidental, mendiversifikasi portofolio energi yang mencakup beberapa utilitas, distributor listrik, dan proyek pembangkit listrik terbarukan termasuk angin.

Buffett menyelesaikan salah satu akuisisi terbesarnya, pembelian kereta api BNSF senilai 26,5 miliar dolar AS pada 2010 setelah Berkshire mengumpulkan 22,6 persen saham.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement