Kamis 28 Jul 2022 12:04 WIB

Kolaborasi Mirae Sekuritas-BRI Dorong 1 Juta RDN Baru per Tahun

Kolaborasi dilakukan melalui pembukaan rekening investasi secara online.

PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia berkolaborasi dengan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) untuk dapat meluaskan investasi pasar modal kepada masyarakat ke seluruh Indonesia melalui digitalisasi.
Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK
PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia berkolaborasi dengan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) untuk dapat meluaskan investasi pasar modal kepada masyarakat ke seluruh Indonesia melalui digitalisasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia berkolaborasi dengan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) untuk dapat meluaskan investasi pasar modal kepada masyarakat ke seluruh Indonesia melalui digitalisasi. Melalui kolaborasi ini, perusahaan mengharapkan dapat membuka satu juta rekening dana nasabah (RDN) per tahun.

Handayani, Direktur BRI, mengatakan kolaborasi dua perusahaan terbesar di masing-masing industrinya itu akan dapat menjangkau lebih banyak masyarakat. Dia mengatakan kolaborasi kedua perusahaan diharapkan dapat menambah jumlah pembukaan baru 1 juta rekening dana nasabah atau senilai Rp 1 triliun. 

Baca Juga

"Harapannya [bertambah] 1 juta RDN setahun. Pilihannya 1 juta RDN atau Rp 1 triliun dana yang ada di RDN,” ujar Handayani, Rabu (27/7/2022). 

Daewoong An, Direktur Mirae Asset Sekuritas, mengatakan kolaborasi melalui digitalisasi tersebut terutama dilakukan melalui pembukaan rekening investasi secara online (online opening account/OOA). "Sebuah kesempatan yang luar biasa, Mirae Asset Sekuritas dan BRI, memulai kolaborasi dan menjadi titik balik untuk mengembangkan pasar keuangan Indonesia,” ujar Mr An.

 

Dalam berinvestasi di pasar modal serta memiliki rekening efek di sekuritas, calon investor memiliki hak dan kewajiban untuk membuka rekening dana nasabah (RDN) untuk menjadi rekening dana alokasi investasi serta penampung hasil investasinya. Mirae Asset Sekuritas sebelumnya telah menggandeng dua bank swasta bagi pembukaan RDN nasabah yang membuka rekening investasi secara online. 

Kini, inagurasi kerja sama Mirae Asset Sekuritas dengan BRI menandai kerja sama OOA antara kedua perusahaan sekaligus semakin menggencarkan literasi investasi kepada masyarakat. Dengan demikian, sudah ada tiga bank yang sudah bekerja sama dengan Mirae Asset Sekuritas untuk membuka rekening investasi secara online. Melalui pembukaan rekening investasi secara online tersebut, investor dapat merasakan pengalaman menggunakan produk teknologi digital termutakhir. 

Teknologi yang digunakan dalam pembukaan rekening investasi online (OOA) itu termasuk dokumentasi tanpa kertas sama sekali (paperless), adanya pengecekan kesamaan wajah secara digital (face comparison), penyamaan data otomatis KTP melalui Optical Character Recognition (OCR), dan tanda tangan online (online signature).

Dengan niat mendemokratisasi investasi melalui digitalisasi, literasi keuangan dan investasi yang akan dijalankan Mirae Asset Sekuritas dan BRI ke depannya secara berkelanjutan dapat membuat masyarakat di seluruh Indonesia lebih sadar keuangan dan sadar investasi. Untuk memuluskan gerakan mendemokratisasi investasi tersebut, inovasi teknologi Mirae Asset memungkinkan investor berinvestasi di pasar modal secara online dan inovasi teknologi BRI memungkinkan nasabahnya menjadi sadar finansial dan layanan perbankan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement