REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life), anak perusahaan PT Bank Central Asia Tbk (BCA), berhasil mempertahankan kinerja positif sepanjang semester pertama 2022. Hal itu didorong tingkat perbaikan perekonomian dan investasi di Indonesia secara umum.
Pada awal tahun ini, BCA Life sukses mencatatkan pendapatan premi sebesar Rp 755,23 miliar. Perseroan juga membukukan nilai aset sebesar Rp 2,26 triliun, naik signifikan sebesar 24,64 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Tak hanya itu, BCA Life juga telah memberikan perlindungan kepada nasabah dengan membayarkan klaim dan manfaat sebesar Rp 294,68 miliar. Selain itu, Perseroan memiliki posisi cadangan teknis yang kuat sebesar Rp 1,57 triliun, tumbuh 28,97 persen.
Hingga Juni 2022, BCA Life mencatat telah memberikan perlindungan kepada 605.122 nasabah. Perseroan berhasil mencatatkan laba sebelum pajak sebesar Rp 13,20 miliar. Angka ini naik signifikan sebesar 73,91 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya yaitu laba di angka Rp 7,59 miliar. Mempertimbangkan kondisi perekonomian global yang semakin membaik, BCA Life optimis dapat mengejar target positif hingga penghujung tahun 2022.
Christine Setyabudhi, Presiden Direktur & Chief Executive Officer (CEO) BCA Life, mengatakan, BCA Life senantiasa menjaga kepercayaan nasabah dengan melihat peralihan dan perubahan yang terjadi sebagai sebuah peluang untuk terus meningkatkan kualitas produk dan pelayanan bagi nasabah. “Kami selalu memastikan nasabah dan mitra bisnis dapat terus mengakses produk dan layanan kami dari manapun dan kapanpun. Oleh karena itu, banyak proses penjualan dan layanan yang telah diubah menjadi berbasis digital untuk memberikan customer experience yang unik dan mudah,” kata Christine Setyabudhi dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Sabtu (16/7/2022).
“Selain itu, mempertimbangkan tren perekonomian yang mulai menunjukkan pemulihan pada tahun 2022, kami optimis bahwa pencapaian akan semakin baik dan bertumbuh seperti yang telah ditunjukkan sejak awal kami berdiri,” tambahnya.
Christine mengemukakan, BCA Life berkomitmen untuk selalu mempertahankan kinerja layanan serta memberikan perlindungan dan pengalaman berasuransi yang mengesankan bagi nasabah, mitra bisnis dan masyarakat Indonesia melalui berbagai solusi dan layanan berbasis digital untuk memudahkan akses masyarakat terhadap produk perlindungan asuransi jiwa terbaik, Antara lain, portal penjualan online mylifeguard.id yang telah mendapatkan sertifikasi ISO/IEC 27001:2013, program referral untuk menjadi agen atau pembelian produk perlindungan jiwa melalui ajaktemanmu.bcalife.co.id, aplikasi BCA Life Mobile Service yang dapat diakses oleh nasabah individu, aplikasi BCA Life Health Protection bagi peserta asuransi kesehatan, aplikasi Virsa untuk melakukan pembelian polis, serta kemudahan mengakses informasi polis secara digital melalui e-polis.
“Tak hanya itu, nasabah juga dapat menghubungi layanan customer service secara gratis dan mudah melalui fitur chat pada aplikasi Halo BCA dan sosial media resmi BCA Life,” ujarnya.
Selain fokus dalam mengembangkan ekosistem digital, BCA Life juga sedang fokus menggarap jalur distribusi produk-produk perlindungan jiwa melalui jaringan agency untuk semakin memperluas dan mempermudah akses bagi masyarakat Indonesia.
“Di tahun kedelapan ini, BCA Life juga telah menerima beberapa penghargaan bergengsi di antaranya Silver Champion of Indonesia WOW Brand 2022 kategori Life Insurance dari MarkPlus, Inc., 3rd Rank Asuransi Jiwa Konvensional Infobank 11th Digital Brand Awards 2022 kategori Premi Bruto Rp500 miliar hingga Rp1 triliun, serta TOP 100 Most Outstanding Women 2022 kategori Asuransi Jiwa yang diterima oleh Direktur & Chief Distribution Officer (CDO) BCA Life, Eva Agrayani,” paparnya.
Kampanye hidup sehat
Christine menyebutkan, BCA Life menyambut hari jadi yang kedelapan dengan menggelar acara lari virtual bertajuk ‘AjakTemanmu Ultima Race 2022’ yang diselenggarakan pada 16 Juli hingga 3 Agustus 2022.
AjakTemanmu Ultima Race 2022 merupakan ajang lari virtual tahun kedua yang diselenggarakan oleh BCA Life. Dengan semangat kebersamaan untuk menyelesaikan tantangan berlari atau berjalan santai (jogging) sejauh 8 kilometer selama 18 hari dengan mendaftar secara gratis melalui aplikasi Gerak yang dapat diunduh pada Apple App Store dan Google Play Store lalu menghubungkannya dengan perangkat tracker dari aplikasi Gerak atau Strava/Garmin yang secara otomatis akan merekam aktifitas setiap peserta ke dalam aplikasi.
Christine mengatakan event AjakTemanmu Ultima Race 2022 tahun ini diselenggarakan untuk mendukung dan menginspirasi masyarakat agar mengadaptasi gaya hidup sehat dan aktif, serta mendorong komunitas agar saling mendukung dalam meningkatkan aktivitas gaya hidup sehat.
“Kami berharap event ini dapat menjadi pilihan aktivitas olahraga masyarakat di tengah kesibukan setelah menjalani rutinitas sehari-hari sehingga tujuan kami untuk membudayakan gaya hidup sehat dapat terwujud dan kesehatan masyarakat makin meningkat,” tuturnya.
Setelah menyelesaikan tantangan berlari atau berjalan santai (jogging) sejauh 8 kilometer selama 18 hari, para finisher berkesempatan untuk memenangkan beragam hadiah menarik seperti SAMSUNG Galaxy Tab S7 FE, Smartwatch Garmin Vivoactive 4, fitness tracker Xiaomi Band 6 dan ratusan e-wallet dengan total hadiah lebih dari Rp 100 juta.
Sebelumnya pada tahun 2021, Ajak Temanmu Ultima Race 2021 telah mendapatkan antusiasme yang luar biasa dari masyarakat dibuktikan dengan jumlah peserta yang mencapai 5.000 lebih. BCA Life berkomitmen untuk terus dapat memberikan kontribusi positif terhadap aspek-aspek sosial dan lingkungan untuk mewujudkan kualitas hidup masyarakat yang lebih baik,