Jumat 03 Jun 2022 09:08 WIB

Jalin Nusantara dan Euronet Sepakati Layanan Pembayaran Elektronik

Kerja sama Jalin Nusantara dan Euronet akan jadi enabler semua pembayaran digital

Rep: Novita Intan / Red: Ichsan Emrald Alamsyah
 Perusahaan switching PT Jalin Pembayaran Nusantara menjalin dengan Euronet Worldwide terkait penyedia layanan pembayaran elektronik global.
Foto: istimewa
Perusahaan switching PT Jalin Pembayaran Nusantara menjalin dengan Euronet Worldwide terkait penyedia layanan pembayaran elektronik global.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan switching PT Jalin Pembayaran Nusantara menjalin dengan Euronet Worldwide terkait penyedia layanan pembayaran elektronik global.

CEO Jalin Boyke Yurista mengatakan pemilihan Euronet sebagai mitra dilakukan setelah proses yang dilakukan sesuai dengan tata kelola perusahaan yang baik.

“Euronet sebagai pemain global, memiliki kapasitas dan komitmen yang dibutuhkan untuk mendukung transformasi Jalin untuk menjadi digital enabler yang menghubungkan orang dengan ekosistem keuangan dan nonkeuangan sementara juga mengurangi risiko semua transaksi dan meminimalkan potensi penipuan," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (2/6/2022).

Menurutnya mitra barunya tersebut menerapkan platform pembayaran REN untuk mendukung pengalihan transaksi dari ATM, terminal POS, dan kode QR, mengaktifkan dompet digital, terhubung ke asosiasi kartu utama, ATM drive dan pengelolaan fungsi back office terkait seperti kliring dan penyelesaian untuk tipe transaksi maupun jenis pembayaran yang berbeda.

Adapun layanan ini juga akan tersedia melalui API yang dapat dikonsumsi oleh berbagai konstituen (unsur penting) dalam ekosistem untuk implementasi layanan yang lebih baru.

"Proyek ini akan diimplementasikan secara bertahap dan akan melibatkan migrasi beban kerja dari sistem yang ada untuk REN dan onboarding layanan baru seperti ATM driving dan pemrosesan digital pembayaran kode QR berbasis dompet," tuturnya.

Pada tahap pertama dari proyek ini yakni pemberdayaan QR cross border pembayaran kode, yang melibatkan pengembangan interface pembayaran masuk dan keluar dengan infrastruktur pusat Thailand dan Malaysia.

Adapun layanan yang tersisa akan dimigrasikan dan/atau diaktifkan pada fase berikutnya selama 12 bulan ke depan, menghasilkan proyek dengan potensi milyaran transaksi per tahun yang disebabkan oleh meningkatnya popularitas pembayaran digital di wilayah.

Sementara itu Managing Director Euronet Asia Pasifik Himanshu Pujara menambahkan kerja sama ini untuk menjadi 'enabler dari semua jenis pembayaran digital' di Indonesia.

“Jalin adalah salah satu unsur terpenting dari ekosistem pembayaran ritel Indonesia,” ucapnya.

President Director, Euronet Technologies Indonesia Melissiana D. Kriswandi menambahkan kerja sama ini merupakan salah satu proyek lain yang menunjukkan kekuatan teknologi pembayaran REN.

“Bagaimana kami dapat membantu bank, switch, dan prosesor di seluruh dunia agar bergerak menuju pembayaran modern platform pemrosesan,"  tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement