Kamis 05 May 2022 10:11 WIB

Dolar Terus Melemah di Sesi Asia, Setelah Fed Kurang Hawkish

Indeks dolar AS jatuh dari level tertinggi lima tahun .

Karyawan menghitung uang dolar Amerika Serikat (AS) di tempat penukaran valuta asing.
Foto: Fakhri Hermansyah/ANTARA
Karyawan menghitung uang dolar Amerika Serikat (AS) di tempat penukaran valuta asing.

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Dolar mempertahankan penurunan tertajamnya dalam lebih dari sebulan di sesi Asia pada Kamis (5/5/2022) pagi, setelah Federal Reserve AS menaikkan suku bunga acuannya sebesar 50 basis poin, tetapi kehilangan antusias pada gagasan untuk kenaikan yang lebih besar dapat terjadi ke depan.

Indeks dolar AS jatuh dari level tertinggi lima tahun dan turun 0,9 persen semalam menjadi 102,450. Mata uang antipodean melonjak, terutama dolar Aussie, yang menikmati persentase kenaikan satu hari terbesar dalam lebih dari satu dekade karena investor memutar kembali taruhan pada Fed tetap di depan bank sentral Australia.

Euro naik hampir 1,0 persen dan terakhir dibeli 1,0606 dolar. Yen berjuang kembali ke sisi yang lebih kuat di 130 per dolar untuk pertama kalinya dalam seminggu, terakhir diperdagangkan di 129,26.

Sterling naik lebih dari 1,0 persen menjadi 1,2605 dolar dan pasar swap sepenuhnya memperkirakan kenaikan 25 basis poin dari bank sentral Inggris pada Kamis waktu setempat.

Kenaikan Fed adalah yang terbesar sejak tahun 2000 karena pembuat kebijakan segera mencoba untuk menekan inflasi. Tetapi pada konferensi pers setelah itu Ketua Jerome Powell mengatakan anggota Fed tidak secara aktif mempertimbangkan pergerakan 75 basis poin di masa depan.

Dana Fed berjangka menguat untuk mengambil beberapa keunggulan dari pandangan agresif pasar terhadap suku bunga AS, meskipun kenaikan 200 basis poin lebih lanjut tetap diperhitungkan untuk sisa tahun ini.

"The Fed tidak bisa (atau, lebih baik, tidak akan) menghalangi hawkish yang telah ditetapkan pasar," Brian Daingerfield, kepala strategi valuta asing G10 di NatWest Markets, menulis dalam sebuah catatan kepada klien.

"Saya tidak berpikir itu hiperbola untuk mengatakan bahwa hari ini mewakili kejutan 'dovish' pertama oleh The Fed relatif terhadap ekspektasi pasar dalam lebih dari enam bulan."

Lompatan 2,2 persen dolar Aussie adalah yang terbesar sejak akhir 2011 dan mengikuti perubahan hawkish yang mengejutkan dari bank sentral Australia, yang memulai siklus kenaikan suku bunga dengan kenaikan 25 basis poin yang lebih besar dari perkiraan pada Selasa (3/5/2022).

Aussie berakhir di 0,7236 dolar AS, sedikit lebih rendah dari puncak semalam di 0,7265 dolar AS. Dolar Selandia Baru melonjak 1,7 persen, kenaikan satu hari terbesar dalam dua tahun, untuk duduk kembali di atas 0,65 dolar AS di 0,6537 dolar AS.Kerugian dolar memberi dukungan pada uang kripto juga. Bitcoin mengalami hari terbaiknya dalam lebih dari lima minggu, naik 5,0 persen menjadi sedikit di bawah 40.000 dolar AS.Perdagangan menipis di sesi Asia oleh hari libur umum di Jepang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement