Sabtu 30 Apr 2022 05:35 WIB

Transaksi Bank DBS Indonesia Meningkat 20% pada Kuartal I-2022 

Transaksi Bank DBS Indonesia Meningkat 20% pada Kuartal I-2022 

Rep: Silawati (swa.co.id)/ Red: Silawati (swa.co.id)
Transaksi Bank DBS Indonesia Meningkat 20% pada Kuartal I-2022 
Transaksi Bank DBS Indonesia Meningkat 20% pada Kuartal I-2022 

Berdasarkan atas data SurveySensum Ramadan Consumer Insight 2022, geliat konsumsi masyarakat naik signifikan, bahkan mendekati normal seperti sebelum pandemi. Persentase masyarakat yang menaikkan anggaran belanja Ramadan meningkat hingga 57% dibandingkan dengan tahun lalu, dan total anggaran belanja masyarakat pun naik 10% dibandingkan dengan tahun 2019, sebelum masa pandemi. 

 

Mencermati pertumbuhan tren ini, Bank DBS Indonesia mencatatkan beberapa perkembangan terkait mulai pulihnya perilaku konsumen seiring dengan pelonggaran aturan Covid-19. Perubahan gaya hidup pascapandemi dan selama Ramadan ini pun tak luput dari peranan perbankan digital yang turut mendukung kemudahan transaksi nasabah sehari-hari. Hal ini sejalan dengan data transaksi ritel kartu kredit digibank pada bulan Maret 2022 yang sudah mendekati normal dengan adanya peralihan ke platform e-commerce dan transaksi internasional, di mana total transaksi ritel mencapai 20% lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. 

Dari sisi kartu debit dan transaksi sehari-hari, Bank DBS Indonesia mencatatkan pertumbuhan transaksi yang stabil dibandingkan tahun lalu. Pada kuartal I-2022, pembelanjaan secara offline (di lokasi) naik 26%, didukung oleh pembelanjaan kuliner, bahan pokok (groceries) dan pakaian. 

"Melalui kapabilitas digital Bank DBS Indonesia  kami optimis  nasabah dapat mengoptimalkan aplikasi digibank by DBS untuk kebutuhan perbankan sehari-hari. Tidak hanya untuk mengecek saldo dan transfer, tetapi nasabah juga bisa berinvestasi sehingga dapat ‘level-up’ finansial mereka," ujar Director Consumer Banking Group PT Bank DBS Indonesia Rudy Tandjung. 

Untuk memenuhi kebutuhan nasabah akan layanan yang serba instan selama Ramadan dan libur Hari Raya Idul Fitri, Bank DBS Indonesia mempunyai solusi digital yang mudah untuk seluruh kebutuhan melalui digibank by DBS. Mulai dari pembukaan rekening tabungan, deposito, investasi, pengaturan kartu kredit, hingga pengajuan KTA instan yang cukup klik di satu aplikasi. Aplikasi digibank by DBS memudahkan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi secara digital, salah satu terobosannya adalah pengajuan kartu kredit digital secara online dengan approval 60 detik. 

Pertumbuhan segmen kartu kredit kian menarik dengan tumbuhnya tren BNPL (buy now, pay later) di Indonesia yang masih akan meningkat di tahun 2022 seiring dengan adanya keinginan untuk meningkatkan kualitas hidup setelah pandemi. Penggunaan BNPL saat ini tidak lagi hanya dalam hal memenuhi kebutuhan primer. Faktanya, tren BNPL sudah mulai menjadi pilihan bagi masyarakat untuk memenuhi gaya hidup yang serba cepat, yakni berbelanja peralatan elektronik dan kebutuhan fashion, hingga melakukan perencanaan liburan melalui e-commerce. Tercatat sebanyak 30% orang telah meningkatkan pengeluaran online mereka untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Tren layanan BNPL kian diminati karena dinilai memberikan kemudahan dalam bertransaksi, cepat, serta menghadirkan pilihan cicilan yang dapat membantu masyarakat dalam mengatur cash flow sembari memenuhi gaya hidup sesuai kebutuhan penggunaannya.

Head of Card Business PT Bank DBS Indonesia Ari Lastina menuturkan, aplikasi digibank by DBS memerhatikan dan mendengarkan perubahan perilaku nasabah dan berinovasi khususnya dalam menciptakan consumer journey yang menyenangkan. "Melalui kemudahan persetujuan 60 detik, Kartu Kredit Digital digibank Black dan LiveFresh memungkinkan nasabah menggunakan layanan BNPL 0% tiga bulan yang cepat dan aman, dengan keunggulan di mana seluruh transaksi ritel nasabah di merchant manapun di dalam dan luar negeri dapat diubah menjadi BNPL. Melalui platform digital yang kami sediakan, nasabah dapat lebih nyaman dan diuntungkan dengan bertransaksi dengan Kartu Kredit digibank.”

DBS Indonesia, menurut Head of digibank PT Bank DBS Indonesia Erline Diani,   berkomitmen mengembangkan layanan yang ada untuk menjadi full-fledged digital banking; sebuah aplikasi perbankan yang memberikan pelayanan lengkap mulai dari kegiatan perbankan sehari-hari seperti menabung, transaksi belanja hingga investasi dan produk pinjaman dalam satu aplikasi. digibank by DBS akan terus berkembang sebagai platform utama  untuk semakin memajukan bisnis consumer Bank DBS Indonesia dan mempercepat pemulihan ekonomi pascapandemi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan swa.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab swa.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement