Kamis 14 Apr 2022 17:06 WIB

Kementan Pastikan Pasokan 12 Bahan Pangan Pokok di NTB Aman

Tim Kementan telah memantau ketersediaan 12 bahan pangan pokok di NTB

Tim Kementan telah memantau ketersediaan 12 bahan pangan pokok di NTB.
Foto:

Erna, penjual telur di Pasar Mandalika, menyampaikan hari ini sampai Lebaran persediaan cukup. Siti Husnul Khotimah, pedagang ayam, mengatakan setiap hari menyediakan ayam sebanyak 150 kg – 500 kg. Menurutnya persediaan dari hari ini sampai Lebaran tetap ada dan banyak.

Pedagang kedelai bernama Haerana menyebut stok kedelai hari ini sampai dengan Lebaran banyak. Ia menyediakan kedelai sebanyak 6-7 ton per harinya. Pedagang sembako, Diana, menyampaikan ketersediaan gula dan minyak goreng hari ini sampai dengan Lebaran cukup dan aman. Sedangkan Siti Supartini yang menjadi pedagang daging sapi menyampaikan stok daging hari ini sampai dengan lebaran ketersediaannya aman. “Setiap hari saya menjual mencapai 50 kg,” ungkapnya.

Pemantauan juga dilakukan ke Farm Ayam Kemitraan PT. Baling Baling Bambu. Warso peternak ayam menyampaikan ketersediaan ayam dalam kondisi aman. Ia mengaku dapat menyebarkan daging ayam per hari sebanyak 500 ekor di wilayah Mataram.

Distributor minyak goreng PT. JBI, Robert, menyatakan ketersediaan minyak goreng aman sampai Lebaran 2022. “Tidak usah khawatir akan kelangkaan karena dari distributor tidak pernah kosong. Stok yang ada sebelum habis sudah ada terpenuhi,” terangnya.

Berikutnya, Muhammad Basharul Haq pemilik perusahaan telur CV. Sinta Surya Makmur menyampaikan tidak ada masalah dalam produksi sehingga untuk stok aman sampai dengan Lebaran. Ia menjelaskan produksi telur setiap hari mencapai 50 - 60 ribu kg dan siap untuk menyuplai ke Pulau Lombok dan Sumbawa.

Secara terpisah, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Nasrullah menyampaikan monitoring dan pengawalan ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari arahan Mentan SYL dalam memastikan ketersediaan bahan pangan pokok dalam kondisi aman dan lancar untuk seluruh masyarakat Indonesia.

“Kami membagi tugas untuk memantau dan mengawal ketersediaan pangan pokok di semua wilayah,” ungkap Nasrullah.

"Saya sendiri turun langsung memantau ketersediaan bahan pangan pokok di NTT dan semua dalam kondisi aman,sehingga masyarakat bisa beribadah dengan tenang selama bulan Ramadhan dan Idulfitri nanti,” jelas Nasrullah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement