Selasa 05 Apr 2022 13:00 WIB

AS Sita Kapal Pesiar Mewah Milik Oligarki Rusia

Kapal pesiar itu merupakan salah satu aset yang terkait dengan Viktor Vekselberg.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Kapal pesiar (ilustrasi)
Foto: alarabiya
Kapal pesiar (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Pemerintah AS menyita kapal pesiar sepanjang 254 kaki di Spanyol yang dimiliki oleh seorang oligarki yang memiliki hubungan dekat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Hal ini dilakukan pertama oleh pemerintahan Biden di bawah sanksi yang dijatuhkan setelah invasi Kremlin ke Ukraina dan menargetkan aset mahal elit Rusia.

Seperti dilansir dari laman AP, Selasa (5/4/2022) penyitaan tersebut dilakukan oleh penjaga sipil Spanyol dan agen federal AS yang turun ke Tango di Marina Real di pelabuhan Palma de Mallorca, ibu kota Kepulauan Balearic Spanyol di Laut Mediterania. 

Baca Juga

Departemen Kehakiman AS, yang memperoleh surat perintah dari hakim federal di Washington, menuduh kapal pesiar itu harus dibatalkan karena melanggar undang-undang penipuan bank, pencucian uang, dan sanksi AS.

Superyachtfan.com, situs web khusus yang melacak kapal rekreasi terbesar dan paling eksklusif di dunia, menghargai kapal sepanjang 78 meter, yang membawa bendera Kepulauan Cook, dengan harga 120 juta dolar AS.

Kapal pesiar itu merupakan salah satu aset yang terkait dengan Viktor Vekselberg, seorang miliarder dan sekutu dekat Putin yang mengepalai Renova Group yang berbasis di Moskow, sebuah konglomerat yang mencakup logam, pertambangan, teknologi, dan aset lainnya, menurut dokumen Departemen Keuangan AS.

Semua aset Vekselberg di Amerika Serikat dibekukan dan perusahaan Amerika dilarang berbisnis dengan dia dan entitasnya. Pengusaha kelahiran Ukraina membangun kekayaannya dengan berinvestasi di industri aluminium dan minyak di era pasca-Soviet.

Jaksa menuduh Vekselberg membeli Tango pada 2011 dan telah memilikinya sejak itu, meskipun mereka yakin dia telah menggunakan perusahaan cangkang untuk mencoba mengaburkan kepemilikannya dan untuk menghindari pengawasan keuangan.

Mereka berpendapat Vekselberg dan mereka yang bekerja untuknya terus melakukan pembayaran menggunakan bank AS untuk mendukung dan memelihara kapal pesiar, bahkan setelah sanksi dijatuhkan padanya pada 2018. Pembayaran itu termasuk menginap pada Desember 2020 di resor vila air mewah di Maladewa dan biaya untuk menambatkan kapal pesiar.

Hal ini penyitaan kapal pesiar oligarki AS pertama sejak Jaksa Agung AS Merrick Garland dan Menteri Keuangan AS Janet Yellen membentuk satuan tugas yang dikenal sebagai REPO - kependekan dari Russian Elites, Proxies and Oligarchs - sebagai upaya untuk menegakkan sanksi setelah Rusia menginvasi Ukraina pada akhir tahun. Februari.

“Ini tidak akan menjadi yang terakhir. Bersama-sama, dengan mitra internasional kami, kami akan melakukan segala kemungkinan untuk meminta pertanggungjawaban setiap individu yang tindakan kriminalnya memungkinkan pemerintah Rusia untuk melanjutkan perang yang tidak adil,” kata Garland.

Vekselberg telah lama memiliki hubungan dengan AS, termasuk kartu hijau yang pernah dipegangnya dan rumah di New York dan Connecticut. Dia juga diinterogasi dalam penyelidikan penasihat khusus Robert Mueller mengenai campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden AS 2016 dan telah bekerja sama dengan sepupunya dari Amerika, Andrew Intrater, yang mengepalai perusahaan manajemen investasi New York Columbus Nova.

Vekselberg dan Intrater menjadi sorotan dalam penyelidikan itu setelah pengacara bintang film dewasa Stormy Daniels merilis sebuah memo yang mengklaim 500.000 dolar AS dalam uang tutup mulut disalurkan melalui Columbus Nova ke perusahaan cangkang yang didirikan oleh pengacara pribadi Donald Trump, Michael Cohen. Columbus Nova membantah bahwa Vekselberg memainkan peran apa pun dalam pembayarannya kepada Cohen.

Vekselberg dan Intrater bertemu dengan Cohen di Trump Tower, salah satu dari beberapa pertemuan antara anggota lingkaran dalam Trump dan pejabat tinggi Rusia selama kampanye Trump 2016 dan transisi sebelum kepresidenannya.

Vekselberg yang berusia 64 tahun mendirikan Renova Group lebih dari tiga dekade lalu. Grup ini memegang saham terbesar di United Co. Rusal, produsen aluminium terbesar Rusia, di antara investasi lainnya.

Vekselberg pertama kali dikenai sanksi oleh AS pada 2018, dan sekali lagi pada Maret tahun ini, tak lama setelah invasi ke Ukraina dimulai. Vekselberg juga telah diberi sanksi oleh pihak berwenang di Inggris.

Kapal pesiar itu berlayar di bawah bendera Kepulauan Cook dan dimiliki oleh perusahaan yang terdaftar di Kepulauan Virgin Britania Raya yang dikelola oleh berbagai masyarakat di Panama.

Agen menyita dokumen dan komputer di dalam kapal pesiar yang akan dianalisis untuk memastikan identitas asli pemiliknya, katanya.

Departemen Kehakiman AS juga telah meluncurkan satuan tugas penegakan sanksi yang dikenal sebagai Klepto Capture, yang juga bertujuan untuk menegakkan pembatasan keuangan di AS yang dikenakan pada Rusia dan miliarder, bekerja sama dengan FBI, Departemen Keuangan AS, dan lembaga federal lainnya. Gugus tugas itu juga akan menargetkan lembaga keuangan dan entitas yang telah membantu oligarki memindahkan uang untuk menghindari sanksi.

Gedung Putih mengatakan bahwa banyak negara sekutu, termasuk Jerman, Inggris, Prancis, Italia, dan lainnya terlibat dalam upaya mengumpulkan dan berbagi informasi terhadap orang-orang Rusia yang menjadi sasaran sanksi. Dalam State of the Union-nya.

Pada pidatonya pada 1 Maret, Presiden Joe Biden memperingatkan oligarki bahwa AS dan sekutu Eropa akan “menemukan dan merebut kapal pesiar Anda, apartemen mewah Anda, jet pribadi Anda.”

"Kami datang untuk keuntungan buruk Anda," katanya.

Penangkapan hari Senin bukan pertama kalinya pihak berwenang Spanyol terlibat dalam penyitaan superyacht milik oligarki Rusia. Para pejabat mengatakan mereka telah menyita sebuah kapal senilai lebih dari 140 juta dolar AS milik CEO konglomerat pertahanan milik negara dan sekutu dekat Putin.

Pihak berwenang Prancis telah menyita superyacht, termasuk satu yang diyakini milik Igor Sechin, sekutu Putin yang menjalankan raksasa minyak Rusia Rosneft, yang telah masuk dalam daftar sanksi AS sejak Rusia mencaplok Krimea pada 2014.

Italia telah menyita beberapa kapal pesiar dan aset lainnya. Polisi keuangan Italia bergerak cepat merebut superyacht Lena milik Gennady Timchenko, seorang oligarki yang dekat dengan Putin, di pelabuhan San Remo; Lady M setinggi 65 meter (215 kaki) milik Alexei Mordashov di dekat Imperia, menampilkan enam suite dan diperkirakan bernilai 65 juta euro; serta villa di Tuscany dan Como, menurut pejabat pemerintah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement